Balitbang LHK Aek Nauli

Laksanakan Edutour Online, YPSA Ambil Gambar di Aek Nauli

Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) sebagai pengelola salah satu sekolah islam bertaraf internasional di Medan, tahun ini kembali melaksanakan kegiatan Edutour. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan YPSA mulai dari tingkat Play Group dan Taman Kanak-kanak (PGTK), SD, SMP hingga SMA, yang bertujuan menambah wawasan ilmu pengetahuan siswa/i tentang alam dan lingkungan.

Tetapi ada yang berbeda dengan pelaksanaan Edutour tahun ini, dimana adanya pandemi Covid-19 menyebabkan Edutour dilaksanakan secara online (webinar). Karena itu, untuk memenuhi materi pembelajaran tersebut, YPSA mengunjungi Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli. Hal ini disampaikan oleh Kabag Umum dan Humas YPSA, Rudi Sumarto, pada Selasa (2/3/2021).

“Biasanya tiap tahun peserta SMP dan SMA YPSA yang mengikuti Edutour ini sekitar 800 orang. Karena pandemi Covid-19, tidak mungkin Edutour dilaksanakan secara tatap muka” papar Rudi. “Harapannya, walaupun anak-anak sekolah tidak dapat pergi ke lokasi, mereka tetap dapat memperoleh pengetahuan tentang alam yang ada disekitar mereka” tambah Rudi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si ketika menerima kedatangan tim YPSA, menyampaikan bahwa BP2LHK Aek Nauli sangat mendukung kegiatan program Edutour YPSA tersebut. Menurut Pratiara, kegiatan Edutour berupa pengenalan alam sangat bagus untuk menambah semangat dan pengetahuan baru bagi siswa/i, terutama di saat pandemi Covid-19 ini.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, karena memang supaya siswa/i tidak jenuh dalam belajar secara online, perlu juga diberikan pengetahuan baru terkait alam, salah satunya dengan pemutaran video tentang alam yang menarik, sehingga siswa/i jadi tetap semangat di masa pandemic Covid-19 ini“ kata Pratiara.

“Kami punya punya banyak spot alam atau wisata ilmiah yang bisa ditampilkan. Silahkan diambil gambarnya semenarik mungkin, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi siswa/i YPSA” tambahnya. “Harapannya nanti kalau pandemi Covid-19 berakhir, siswa/i YPSA dapat melaksanakan Edutour secara langsung di sini” pungkas Pratiara.

Selanjutnya, tim YPSA langsung melaksanakan pengambilan gambar/viedo di beberapa spot wisata ilmiah yang tersedia, yaitu pemanenan lebah madu, taman rusa, Rumah Singgah Peduli Kanker, healing forest, camping ground, pemanenan getah pinus, pemanenan getah kemenyan, pembuatann kompos kotoran gajah, memanggil siamang, konservasi gajah jinak, serta tracking ke air terjun. Kegiatan pengambilan gambar ini didampingi dan dipandu oleh beberapa peneliti dan teknisi litkaysa BP2LHK Aek Nauli.

Disela-sela pengambilan gambar, Rudi menyampaikan bahwa BP2LHK Aek Nauli merupakan lokasi Edutour  yang paling terlengkap dan unik yang pernah di kunjungi oleh YPSA.

“Aek Nauli merupakan lokasi paling lengkap yang pernah kami kunjungi, karena memiliki alam yang asri , kegiatan penelitian, satwa, tumbuhan, serta wisata yang unik dan menarik” ujar Rudi. “Selain itu pada setiap spot nya kami didampingi oleh instruktur yang profesional. Terima kasih terhadap sambutan dan keramah tamahannya “pungkas Rudi.***NNN

———————
Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli
Jln. Raya Parapat Km. 10,5 Desa Sibaganding, Kec. Girsang Sipanganbolon, Parapat, Kab. Simalungun, Prov. Sumatera Utara 21174
Email : bpk.aeknauli@gmail.com
Web : http://aeknauli.org
FB : Balitbang LHK Aek Nauli
IG : bp2lhk_aeknauli
Twitter : @bpk_aeknauli
Youtube : BP2LHK AekNauli

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *