Balitbang LHK Aek Nauli

Wakil Bupati Simalungun Kunjungi BP2LHK Aek Nauli

Rabu (19/12/2017), Wakil Bupati Kabupaten Simalungun, Drs. Amran Sinaga, mengunjungi Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli dalam rangka menghadiri acara Pembukaan Perkemahan Budi Pekerti III Pramuka Perguruan Taman Siswa se-SUBARIA (Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau) yang diselenggarakan di areal arboretum BP2LHK Aek Nauli.

Setelah acara pembukaan perkemahan selesai, Amran beserta rombongan, didampingi oleh Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara S.Hut, M.Si dan Teknisi Litkayasa, Aam Hasanudin, S.Hut beranjak meninjau lokasi edutainment budidaya lebah madu. Pada kesempatan ini Aam memberikan penjelasan tentang budidaya madu kepada Amran dan rombongan, sekalian tidak lupa mencicip madu sarang Aek Nauli yang baru dipanen.

“Ini merupakan destinasi edukasi yang memacu adrenalin tinggi. Kita harapkan potensi wisata ini dapat mengundang banyak wisatawan berkunjung ke Simalungun kedepannya,” ungkap Pratiara.

Sembari memanen madu sarang, Amran berharap kegiatan ini dapat menjadi salah satu potensi wisata yang mendukung destinasi wisata Danau Toba. “Saya berharap agar kegiatan lebah madu ini dapat dikembangkan untuk masyarakat, sehingga nantinya dapat menambah pendapatan baru masyarakat khususnya masyarakat Simalungun,” ungkap Amran. Harapannya BP2LHK Aek Nauli dapat bekerja sama dengan beberapa desa di Kabupaten Simalungun. “Kegiatan ini layak menjadi kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat melalui dunia usaha dan mudah-mudahan kegiatan ini semakin berkembang,” tutup Amran.

Di akhir kunjungan Amran dan rombongan juga meninjau Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC) yang terdapat di KHDTK Aek Nauli. Amran mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, khususnya BP2LHK Aek Nauli yang sudah ikut berusaha memajukan potensi wisata Kabupaten Simalungun melalui berbagai kegiatan edutainment seperti budidaya dan pemanenan lebah madu serta wisata ilmiah gajah jinak.

***

Kontributor artkel: Donna C. Pandiangan, S.Hut.

Kontributor foto: Alharis Muslim dan Novrianty Nainggolan

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *