Visi :

Terwujudnya Balai Penelitian Kehutanan Aek Nauli sebagai Penyedia Utama IPTEK Bidang Konservasi dan Rehabilitasi, Produktivitas Hutan, Keteknikan dan Pengolahan Hasil Hutan serta, Perubahan Iklim dan Kebijakan Kehutanan sesuai dengan Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku. Dengan hasil IPTEK yang diperoleh diharapkan dapat mendukung pembentukan dan operasionalisasi Kesatuan Pengolahan Hutan (KPH) khususnya di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Misi:

  1. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di Bidang Konservasi dan Rehabilitasi, Produktivitas Hutan, Keteknikan dan Pengolahan Hasil Hutan serta, Perubahan Iklim dan Kebijakan Kehutanan sesuai dengan Peraturan dan Perundang-undangan di Sumbagut.
  2. Menyelenggarakan diseminasi dan komunikasi IPTEK bidang Konservasi dan Rehabilitasi, Produktivitas Hutan, Keteknikan dan Pengolahan Hasil Hutan serta, Perubahan Iklim dan Kebijakan Kehutanan sesuai dengan Peraturan dan Perundang-undangan di Sumbagut.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pendukung kelitbangan di bidang Konservasi dan Rehabilitasi, Produktivitas Hutan, Keteknikan dan Pengolahan Hasil Hutan serta, Perubahan Iklim dan Kebijakan Kehutanan sesuai dengan Peraturan dan Perundang-undangan di Sumbagut.