Balitbang LHK Aek Nauli

Upacara Peringatan Hari Korpri di BP2LHK Aek Nauli

Korps Pegawai Republik Indonesia atau disingkat dengan Korpri, adalah sebuah organisasi yang menjadi wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia yang anggotanya terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan, dan perangkat Pemerintah Desa. Korpri didirikan pada tanggal 29 November 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971.

Bertepatan dengan hari ulang tahun Korpri, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli melaksanakan upacara pengibaran bendera. Upacara ini diikuti oleh seluruh pegawai yang bekerja di lingkungan BP2LHK Aek Nauli yang meliputi Aparatur Sipil Negara (ASN), Bakti Rimbawan, dan Tenaga Kontrak.

Pada kesempatan ini, Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si selaku pembina upacara menyampaikan bahwa sebagai anggota Korpri, seluruh pegawai yang bekerja di BP2LHK Aek Nauli memiliki lima butir janji atau komitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, pemerintah dan masyarakat umum yang dituangkan melalui Pancaprasetya Korpri.

“Sudah menjadi kewajiban kita untuk menunaikan janji kita tersebut, agar kita dapat menjadi sosok PNS yang profesional, jujur, bersih dari segala korupsi, kolusi, nepotisme, dan berjiwa sosial,” ujar Pratiara. “Disamping itu, janji yang telah kita ucapkan itu menjadi hutang kita dalam menunaikan kewajiban kita sebagai pengabdi masyarakat, jadi sudah sepantasnya kita tunaikan dengan baik,” sambung Pratiara menambahkan.

Pada upacara peringatan hari ulang tahun Korpri ke-47 kali ini, selain pengibaran bendera, turut dibacakan teks Pancasila, teks Pembukaan UUD 1945, dan dilengkapi dengan pembacaan teks Panca Prasetya Korpri. Upacara kali ini ditutup dengan menyanyikan mars Korpri dan lagu Bagimu Negeri.

Sebagai referensi agar tidak lupa berikut isi dari teks Pancaprasetya Koprs Pegawai Republik Indonesia:
1.  Setia dan taat kepada Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
2.  Menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara serta memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara.
3.  Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan.
4.  Bertekad memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta kesetiakawanan Korps Pegawai Republik Indonesia.
5.  Berjuang menegakkan kejujuran dan keadilan, serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme. ***Hrs

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *