Balitbang LHK Aek Nauli

Study Wisata MTs Al Washliyah Kota Tebing Tinggi ke BP2LHK Aek Nauli

MTs Al Washliyah Tebing TinggiHasil-hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan oleh BP2LHK Aek Nauli telah dikemas sedemikian rupa menjadi paket wisata ilmiah atau edutainment sehingga menjadi lebih menarik dan informatif bagi para pengunjung yang datang. Dimana sambil menikmati sejuknya udara khas hutan pinus, di BP2LHK Aek Nauli para pengunjung juga bisa mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan. Hal ini terbukti dengan dijadikannya BP2LHK Aek Nauli menjadi lokasi tujuan kunjungan study wisata Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Washliyah Kota Tebing Tinggi pada Selasa (8/5/2018).

Pada kesempatan ini, Kepala Sekolah MTs Al Washliyah Kota Tebing Tinggi, Drs. Abdul Holid menyatakan bahwa lokasi BP2LHK Aek Nauli yang strategis dan gampang dijangkau serta suasana yang nyaman merupakan salah satu pertimbangannya membawa anak-anak didik mereka berkunjung ke lokasi ini.

“ini kali ketiga kita membawa anak-anak didik berkunjung ke lokasi ini. Dengan mengenalkan lingkungan hutan kepada anak-anak, harapan kita nantinya mereka dapat mengetahui sedari dini tentang arti pentingnya hutan sebagai paru-paru dunia untuk kelangsungan hidup manusia. Selain itu pengenalan sejak dini ini sangat penting, karena dengan begitu, diharapkan nantinya mereka akan menjaga keberlangsungan hutan kita ke depannya” tutur Holid.

kunjungan wisata ilmiahHolid juga menyampaikan beberapa usulan terkait pengembangan Kawasan BP2LHK Aek Nauli ke depannya, “Harapan saya pohon yang berada di kawasan BP2LHK Aek Nauli ini ke depannya dapat dilengkapi dengan label nama perdagangan dan nama ilmiahnya akan lebih bagus, sehingga pengunjung akan lebih mudah mengetahui tentang berbagai jenis pohon yang ada disini. Disamping itu jika memungkinkan, nantinya disini dibangun juga sarana outbound untuk tempat bermain dan belajar bagi pelajar yang berkunjung kesini, pasti akan menjadikan BP2LHK Aek Nauli sebagai lokasi yang lebih menarik lagi untuk dikunjungi, karena bisa sambil bermain, bisa juga sambil belajar” Tutup Holid.

Pada kesempatan yang sama, salah satu Guru MTs Al Washliyah, Sugianto, menyatakan bahwa Sekolah membawa 3 kelas mengunjungi BP2LHK Aek Nauli ini adalah sebagai salah satu bentuk pembelajaran tambahan bagi para siswa agar mendapatkan berbagai pengetahuan selain yang telah diberikan di sekolah.

“Diharapkan nantinya mereka bisa tahu mengenai hutan, cara pengelolaannya, jenis-jenis tumbuhannya, serta berbagai informasi lain yang terkait dengan hutan dan kehutanan, dan nantinya diharapkan juga mereka dapat menceritakan pengetahuan baru ini kepada teman-temannya yang tidak berkesempatan datang kesini tentang pengetahuan baru apa saja yang mereka dapatkan disini, seperti jenis-jenis pohon, cara-cara beternak lebah madu, pengelolaan kawasan konservasi dan lain sebagainya” jelas Sugianto.

siswa MTs Al WashliyahIkhsan, salah satu siswa kelas 9 MTs Al Washliyah yang ikut serta dalam rombongan study wisata ini mengungkapkan antusiasnya mengunjungi BP2LHK Aek Nauli, karena menurutnya banyak pengetahuan yang baru yang bisa didapatkannya dengan berkunjung kesini.

“Tadi sempat belajar tentang lebah dan juga belajar tentang pohon. Disini juga pemandangannya bagus-bagus dan udaranya sejuk” ujar Ikhsan.

persemaian aek nauliKunjungan study wisata MTs Al Washliyah ini didampingi oleh Edi Kuwato dan Dodo Ahmad Suhada, Teknisi Litkayasa Penyelia pada BP2LHK Aek Nauli. Selain mengenalkan tentang budidaya lebah madu, para siswa juga dikenalkan tentang berbagai jenis tanaman dan cara pembibitannya di persemaian dan rumah kaca yang terdapat dalam kawasan Arboretum Aek Nauli. Sebelum melanjutkan perjalanan ke kawasan Wisata Danau Toba, rombongan pelajar ini berkesempatan mampir untuk berkenalan dengan 4 ekor gajah jinak yang ditangkarkan di Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC) yang terletak di dalam KHDTK Aek Nauli.

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *