Balitbang LHK Aek Nauli

Struktur Organisasi

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.25/Menlhk/Setjen/OTL.0/1/2016 tanggal 29 Januari 2016, tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli maka organisasi BP2LHK Aek Nauli terdiri dari Kepala Balai dibantu oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, tiga Kepala Seksi yaitu: Seksi Program dan Evaluasi, Seksi Sarana Penelitian, dan Seksi Data, Informasi dan Kerjasama, serta Kelompok Jabatan Fungsional (peneliti dan teknisi).

Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan dan surat menyurat. Seksi Program dan Evaluasi mempunyai tugas, melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana, program dan anggaran, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan rencana, program dan anggaran.

Seksi Sarana Penelitian mempunyai tugas mengelola sarana dan prasarana penelitian termasuk hutan penelitian dan laboratorium, pengelolaan perpustakaan dan dukungan administrasi dalam pengajuan dan pelaksanaan perlindungan hak hasil penelitian. Seksi Data, Informasi dan Kerjasama mempunyai tugas melakukan pengelolaan data dan informasi hasil-hasil penelitian, penyebarluasan data dan informasi hasil-hasil penelitian, penyiapan dan pelaksanaan kerjasama penelitian serta pemantauan dan evaluasi kerjasama penelitian.

Kelompok jabatan fungsional mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan. Kelompok jabatan fungsional terdiri dari jabatan fungsional peneliti, jabatan fungsional teknisi litkayasa, dan jabatan fungsional lain yang terbagi dalam berbagai kelompok jabatan fungsional sesuai dengan bidang keahliannya.

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Balai, Kepala Sub Bagian, Kepala Seksi dan Ketua  Kelompok jabatan fungsional wajib menerapkan prinsip koordinasi integrasi dan sinkronisasi baik di lingkungan satuan organisasi masing-masing maupun dengan instansi lain di luar Balai sesuai dengan bidang tugasnya.