Balitbang LHK Aek Nauli

Stek Makadamia Bisa Tumbuh Baik Tanpa Sungkup

Bibit stek Macadamia

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, April 2019)_Makadamia (Macadamia integrifolia) adalah jenis tanaman dari keluarga Proteaceae asli dari Queensland di Australia dengan nama umum kacang makadamia, bauple nut, atau kacang queensland. Jenis ini pohonnya kecil dan daunnya sederhana dengan berberigi, dengan panjang daun 7 sampai 15 cm. Bunga berwarna putih atau merah muda diikuti oleh kayu, buah bulat berdiameter 2 – 3,5 cm lebih. Benih yang mentah atau matang berasa manis dan lezat. Cangkang biji makadamia sangat keras sehingga sulit untuk mengekstraksi benih. Biji makadamia juga dapat menghasilkan minyak nabati.

Makadamia merupakan tanaman penghasil kacang yang rasanya lezat, enak, berwarna putih kekuningan dan beraroma sedap dengan sentuhan sedikit manis. Kacang makadamia kaya akan lemak yaitu sekitar 70%. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan, biji makadamia mengandung kadar air 5,89%; kadar abu 2,22%; kadar gula 5,05%; kadar pati 9,55%; kadar protein 13,45% dan kadar lemak 57,90%.

Tanaman Macadamia dengan sungkup

Kegiatan penanganan buah sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkecambahan semai di persemaian. Penanganan buah yang baik dapat memberikan persentase tumbuh yang tinggi pada perkecambahan benih dipersemaian melalui ekstraksi buah. Cara yang dilakukan yaitu memilah atau menyortir buah sesuai dengan kelas dan berat buah. Untuk mendapatkan hasil sesuai harapan, perlu kita mengetahui berat buah, diameter buah, ketebalan kulit buah. Penyemaian benih dilakukan dengan perlakuan media yang sama dan pengamatan semai.

Penggunaan sungkup plastik dipersemaian sangat baik untuk menunjang angka tumbuh tanaman dan dapat meningkatkan persen tumbuh baik anakan, cabutan, stek, sambung ataupun grafting, baik tanaman berdaun lebar maupun berdaun jarum seperti kemenyan, agathis, pinus, meranti, dan tanaman lainnya. Namun hal ini tidak berlaku pada M. integrifolia yang menggunakan sungkup untuk perbanyakan stek di persemaiaan dan greenhouse Aek Nauli diketinggian 1200 m dengan suhu temperatur rata-rata 20-230C, kelembapan 79-85% dan intensitas cahaya 537-1191 lux.

Perlakuan yang dilakukan adalah dengan media tanah + pasir dengan hormon perangsang tumbuh yaitu growtone, rootone, rootmos dan kontrol. Perlakuan ini tidak membuahkan hasil walaupun telah dilakukan kegiatan dan pengamatan berulang kali. Namun, ketika dilakukan pengamatan sekali lagi dengan perlakuan yang sama, tetapi hanya dibedakan kegiatan dengan dan tanpa sungkup, diperoleh keberhasilan pertumbuhan. Pengamatan dilakukan dengan menggunakan hormon growtone dengan persentase tumbuh mencapai 80%. Stek makadamia yang tidak disungkup dapat tumbuh dengan baik sedangkan stek yang diberi sungkup tidak dapat tumbuh bahkan mati.

Tanaman Macadamia tanpa sungkup

Perbanyakan M. integrifolia dapat dilakukan dengan stek dimana masa pertumbuhan makadamia termasuk lambat, proses munculnya akar bisa mencapai waktu selama 7 (tujuh) bulan dengan pertambahan tinggi 1-4 cm, jumlah daun sebanyak 1-3 daun, jumlah tunas sebanyak 1-3 tunas, panjang akar mencapai 3-5 cm, dan jumlah akar sebanyak 3-7 buah.

Dalam pertumbuhannya, makadamia mudah terserang hama tupai dan bajing sebelum buah jatuh atau masak. Hal ini menyebabkan perbanyakan makadamia melalui generatif sangat tidak memungkinkan. Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan perbanyakan melalui vegetatif yaitu dengan stek. Untuk memenuhi kebutuhan bibit tanaman hutan dan kebutuhan reboisasi perlu dilakukan perbanyakan melalui perbanyak stek tanpa penyungkupan.***SLT

Bagikan ini di:

9994total visits,9visits today

1 Comment

  1. Idang Kusmana

    Saya dari CV. Lembur Kuring, alamat Jl Pasirmunding No. 7 Desa Kebonkalapa Kecamatan Cisarua Kabupaten Sumedang, sangat tertarik dengan tanaman makadamia karena memiliki prospek yang baik dimasa depan. Untuk itu kami berkeinginan untuk dapat membangun sumber benih tanaman dimaksud di wilayah Kab. Sumedang. Berkaitan dengan hal tersebut kami mohon informasi/prosedur untuk mendapatkan materi genetik tanaman makadamia serta ketentuan-ketentuan lainnya.
    Terima Kasih
    Wassalam
    CV. Lembur Kuring

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *