Balitbang LHK Aek Nauli

Serunya Hunting Foto di Taman Wisata Kera Sibaganding

Dalam dunia fotografi, berburu foto atau hunting adalah sebuah kegiatan seseorang atau lebih, pergi ke suatu tempat dekat atau jauh, dengan tujuan utamanya, yaitu memotret. Hunting bisa dilakukan oleh semua orang, tidak membedakan antara seorang fotografer pro (profesional) atau amatir (pecinta atau hoby). Dua orang staf Seksi Data Informasi dan Kerjasama (DIK) Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, (Heri Susanto dan Novrianty Naomas Nainggolan, S.Hut.) bersama dengan dua orang teknisi (Wendra Salomo Manik, S.Hut. dan Muhammad Salman Zuhri) melakukan hunting foto ke Taman Wisata Kera Sibaganding. Kegiatan ini bertujuan untuk melengkapi koleksi foto-foto terbaru tentang taman kera.

Hunting fotografi ini didampingi oleh Bapak Rahman Manik, pengelola Taman Wisata Kera. Taman Wisata Kera merupakan bagian dari Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli, dimana pengelolaannya dilaksanakan oleh BP2LHK Aek Nauli. Lokasi ini mempunyai daya tarik sendiri, dengan keragaman jenis hewan primata dan keanekaragaman flora dataran tinggi. “Hunting foto tidak harus bepergian ke tempat menawan yang jauh, lokasi disekitar kita juga bisa menjadi tempat buat hunting, tergantung bayangan visual yang sudah kita pikirkan sebelumnya,” ujar Wendra sambil melihat kera dan beruk yang sedang diberi makan.

Salman menambahkan apabila ingin hunting foto baiknya kita sudah mempunyai gambaran tema besar, hasil foto seperti apa yang ingin kita jepret. “Dengan begitu kita selalu diberi tantangan yang secara otomatis menuntut kita untuk lebih piawai lagi di bidang fotografi,” kata Salman sambil menjepret kera menggunakan kamera DSLR dengan lensa tele ditangannya.

Wendra mengatakan bahwa hal penting dalam hunting foto adalah fokus. “Artinya, aktifitas itu sudah terencana dan tujuan utamanya adalah memotret, sehingga kita bukan menunggu momen atau menemukan objek foto, tetapi kita proaktif mencari momen dan objek yang akan kita foto,” kata Wendra menjelaskan.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan mengeksplor objek-objek di lokasi sambil sesekali berdiskusi dengan Wendra yang sudah punya pangalaman lebih dalam dunia fotografi.

***

Kontributor foto: Wendra Salomo Manik, S.Hut. dan Hery Susanto

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *