Balitbang LHK Aek Nauli

Rapat Tahunan Koperasi Pegawai Negeri Sylva

Tugas pengurus Koperasi ini adalah tugas atau pekerjaan sosial,  amalkan sifat ikhlas, ujar Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si dalam awal sambutannya pada pembukaan acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Sylva Pada Selasa (11/4/2017). Kegiatan rapat yang bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Perpustakaan BP2LHK Aek Nauli ini dihadiri oleh 65 orang peserta dari 73 orang anggota yang diundang serta dihadiri oleh para undangan yang terdiri dari unsur Pembina KPN Sylva dan calon anggota KPN Sylva sebanyak 2 (dua) orang.

Tantangan balai ke depan akan semakin besar. “Kita harus memperluas bidang usaha, koperasi harus memudahkan, lebih mudah dari bank, rentenir, keuntungan yang didapat harus lebih rendah daripada corporation lainnya”. Ujar Pratiara menambahkan. Lebih janjut, Pratiara juga memberi masukan terhadap Perluasan sektor bisnis koperasi.  “Adanya peluang memanage KHDTK dan arboretum balai, ekowisata, peluang mengelola tamu-tamu yang berkunjung,  peluan pengelolaan kantin, peluang pengembangan kompos, arang, sebagai alternative usaha lainnya. Oleh karena itu, pengurus kedepan harus dibantu oleh profesional untuk memaksimalkan operasional bisnis yang yang dikelola koperasi” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wanda Kuswanda, S.Hut, M.Sc menambahkan saran agar koperasi juga berperan aktif pada ekowisata, terutama karena akan hadir penangkaran gajah jinak di KHDTK Aek Nauli. Pada kesempatan ini juga, Asep Sukmana, SP, M.Sc juga menyarankan agar koperasi lebih greget dalam operasional, promosi itu perlu, ujarnya. Dalam rapat ini Aam Hasanudin juga ikut menyumbangkan saran demi kemajuan koperasi, “Dalam mensuplai kebutuhan pokok, pengurus baru coba menggagas kembali tawaran-tawaran dengan pihak ketiga yang bisa menjadi suplayer” ujar Aam. Pada kesempatan ini juga, Alharis Muslim mengysylkan pembaruan pada core bisnis koperasi, “Pengurus baru sebaiknya mengikuti perkembangan zaman dengan mencoba sisi toko online atau ecommerce, hal ini akan semakin memajukan koperasi nantinya”. Ujar Alharis.

Rapat berjalan lancar, tertib dan dinamis dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Demokrasi Pancasila dan prinsip musyawarah untuk mufakat, dengan suara bulat forum rapat menerima, menyetujui, dan mengesahkan beberapa hal, antara lain Laporan Pertanggungjawaban Pengurus KPN Sylva tahun buku 2016, Laporan Pertanggungjawaban Pengawas KPN Sylva tahun buku 2016, Program dan Rencana Kerja KPN Sylva tahun buku 2017.

Dalam program kerja tersebut disepakati beberapa hal seperti Peran aktif koperasi dalam kegiatan ekowisata di BP2LHK Aek Nauli, Perlunya ruangan koperasi bagi kelancaran usaha koperasi, Perlunya digagas kembali usaha pengadaan bahan pokok, Diaktifkan dan diperbaruinya kelengkapan administrasi seperti TDP, SIUP, dan lain-lain, Diaktifkannya kembali rekening giro koperasi.

Dalam rapat ini juga dilaksanakan pemilihan Pengurus KPN Sylva periode 2017-2019. Orang-orang yang terpilih adalah : Wendra S. Manik, S.Hut sebagai Ketua, Ir. Komala sebagai bendahara dan Erwin P. Manik sebagai sekretaris. Disamping itu juga dipilih Wanda Kuswanda, S.Hut, M.Sc sebagai Anggota Badan Pengawas KPN Sylva tahun buku 2017. Diakhir acara, dilaksanakan pemberian doorprize atas apresiasi terhadap kehadiran anggota pada acara Rapat Anggota Tahunan ini.

Semoga KPN Sylva dapat beroperasi lebih baik ke depannya sehingga dapat mensejahterakan anggota-anggotanya. Selamat untuk pengurus yang baru…

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *