Balitbang LHK Aek Nauli

Promosikan Wisata Ilmiah, BP2LHK Aek Nauli Fasilitasi Acara Family Day TDI Chapter Sumut

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Maret 2020)_Sekitar 54 orang anggota komunitas Taft Diesel Indonesia (TDI) Chapter Sumatera Utara (Sumut) mengadakan kegiatan Family Day di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khsusus (KHDTK) Aek Nauli, Sabtu-Minggu (7-8/3/2020). Tujuan kegiatan Family Day yang menghadirkan 26 unit mobil Daihatsu Taft dari berbagai wilayah di Sumut ini, selain untuk mempererat persahabatan dan kekeluargaan antar anggota komunitas, juga untuk mendukung mempromosikan wisata ilmiah di KHDTK Aek Nauli.

Okta Sihotang, panitia acara Family Day, dalam pengantarnya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, yang sudah bersedia memfasilitasi kegiatan ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak balai yang sudah memfasilitasi. Kami terkesan sekali dengan pelayanan dan juga kenyamanan lokasinya” kata Okta. “Anak-anak dan anggota keluarga TDI lain tidak akan takut dengan kondisi hutan di sini, karena aman, asri dan bersih,” tambah Okta

Senada dengan hal tersebut, Iskandar Zulkarnaen, selaku pembina komunitas TDI Chapter Sumut, juga menyampaikan keterkesanannya dengan terawatnya tanaman dan satwa yang ada di KHDTK Aek Nauli, khususnya di Arboretum.

“Lokasi seperti ini sangat sulit di jumpai di tempat lain. Selain udaranya yang sejuk, kawasan ini juga memberikan edukasi, apalagi di usia saya yang 40 tahun, sangat cocok,” ungkap Iskandar. “Kita akan ikut promosikan lokasi dan wisata disini, dengan harapan agar kegiatan-kegiatan TDI lain yang lebih besar lagi dan juga kegiatan komunitas lain dapat dilaksanakan juga di disini” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si,  menyambut hangat kedatangan komunitas TDI tersebut dan juga memberikan gambaran tentang KHDTK Aek Nauli.

“Selamat datang teman-teman semua. Lokasi ini termasuk dalam areal KHDTK Aek Nauli yang terbuka untuk umum dan dijaga oleh tenaga pengaman selama 24 jam” kata Pratiara. “Lokasi ini sudah kami kembangkan untuk berbagai atraksi wisata ilimah, sebagai alternatif destinasi wisata bagi pengunjung yang akan ke Danau Toba” tambah pratiara.

Selanjutnya pratiara berharap semoga kegiatan Family Day dapat berjalan dengan lancar dan memuaskan seluruh peserta, sehingga semuanya mau ikut mempromosikan wisata ilmiah di HDTK Aek Nauli.

“Semoga teman-teman bisa santai, senang-senang, dan puas menikmati lokasi dan wisata ilmiahnya. Harapannya teman-teman bisa ikut mempromosikan wisata ilmiah disini ke seluruh anggota TDI dan juga masyarakat lainnya, sehingga wisata ilmiah kami semakin dikenal dan berkembang lebih maju” pungkas Pratiara.

Sebagai informasi, TDI Chapter Sumut merupakan organisasi TDI ketiga yang mendapatkan SK Kemenkumham setelah Bengkulu dan Semarang. Anggota TDI Chapter Sumut yang turut dalam kegiatan Family Day ini, yaitu TDI Wilayah Medan, TDI Wilayah Pematangsiantar dan TDI Wilayah Padang Sidempuan.

Adapun rangkaian kegiatan Family Day yang dilaksanakan selama dua hari yaitu, wisata ilmiah memanggil siamang, memberi makan rusa, pelantikan pengurus, dan barbeque. Kemudian wisata ilmiah panen madu, edukasi gajah, serta penyerahan n penempelan stiker TDI.***NNN

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *