Balitbang LHK Aek Nauli

Plot Damar di Arboretum Aek Nauli

plot damar di aeknauliDamar merupakan salah satu jenis asli pohon Indonesia yang tersebar di Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan papua.  Damar merupakan salah satu tananaman hutan yang mampu memberikan produksi baik kayu maupun hasil lainnya (bukan kayu).  Peraturan Menteri Kehutanan P.35/Menhut-II/2007 menyebutkan bahwa damar merupakan bagian dari Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang dikelompokan kedalam kelompok resin. Kelompok resin Damar disini yaitu damar jenis Shorea javanica, Hopea sp., Anisoptera cortata dengan produk Damar Mata kucing, Araucaria beccarii produk damar daging (kopal), Shorea sp. Produk Damar rasak, Agathis borneensis produk Damar pilau, dan Shorea spp produk Damar batu.

Kayu pohon damar bisa dipakai untuk perahu boat. Kekuatannya tangguh, tapi memiliki bobot yang ringan. Batangnya yang tegak lurus itulah membuat kayu dari pohon damar pun banyak yang lurus-lurus. Sedangkan daunnya lebar, lonjong tapi pipih. Biasa kayu pohon damar juga dijadikan bahan pembuat kertas, alat rumahtangga, alat musik dan alat olahraga. Dalam bahasa ahli bangunan, kualitas kayu pohon damar termasuk kualitas IV, dan kekuatannya kelas III. Kayu damar banyak dijadikan sebagai komponen alat musik, mebel, pulp dan kertas, serta bahan baku industri pesawat ringan. Kayu Damar  memiliki berat jenis berkisar antara 0.36 ~ 0.64 yang dapat dijadikan sebagai bahan baku industri kayu.

Getah damar keluar dari kulit atau kayu damar yang lukai. Getah yang keluar akan membeku dan mengeras setelah beberap hari. Getah damar yang mengeras nilah yang kemudian dinamai kopal. Kopal ini mengandung asam-asam resinol, resin, dan minyak atsiri. Getah damar umumnya digunakan sebagai untuk bahan cat, kosmetik, plastik, vernis, obat gosok, bahkan korek api. Selain itu juga bisa dipakai untuk bahan pengawet binatang bahkan tumbuh-tumbuhan.

tegakan agathis aeknauliSelain itu, pohon damar dapat dijadikan sebagai tanaman penghijauan di daerah perkotaan. Selain karena morfologis pohon damar yang memiliki batang lurus dan daun berwana hijau gelap yang dapat menambah nilai estetika daerah penghijauan kawasan, pohon damar dalam peraturan Menteri Kehutanan P.03/Menhut-V/2004 juga termasuk pohon yang dapat menyerap partikel limbah serta penghasil O2 dan penyerap CO2 yang sangat cocok dijadikan sebagai tanaman penghijaun.

Sebagai instansi litbang, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli dari beberapa tahun yang lalu sudah menanam dan mengembangkan tumbuhan Damar. Terdapat beberapa plot damar di kawasan BP2LHK Aek Nauli. Plot damar ini ditanam pada tahun 1997 oleh Posman Nainggolan, salah seorang ASN yang bertugas pada BP2LHK Aek Nauli. Bibit damar yang terdapat pada plot ini diperoleh dari Hutan Lindung Sipagimbar.  Jenis Damar yang dikembangkan adalah jenis Agathis boornensis sebanyak 83 pohon yang terletak pada plot di Arboretum BP2LHK Aek Nauli. Kegiatan penanaman pohon damar di Aek Nauli dijadikan sebagai salah satu jenis koleksi benih yang nantinya dapat dikembangkan menjadi sumber benih damar, dan sebagai ilmu pengetahuan yang dapat dibagikan bagi para pengunjung. **DCP

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *