Balitbang LHK Aek Nauli

Penanaman Pohon dan Upacara Hari Bakti Rimbawan Ke-36 Tahun 2019

BP2LHK Aek Nauli (Medan, Maret 2019)_Dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-36 tahun 2019, rimbawan seluruh Indonesia menanam pohon serentak. Sabtu (16/3/2019), rimbawan dari seluruh UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, serta dari mitra rimbawan melaksanakan penanaman pohon di Area Medan Zoo Jl. Simalingkar – Durian Tonggal, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang. Jenis pohon yang ditanam antara lain mahoni, tanjung, dan flamboyan.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For dalam sambutannya saat membuka acara, menyampaikan bahwa rimbawan sudah 36 tahun berbakti di negara RI. Hari Bakti Rimbawan tersebut mengingatkan akan bakti kepada negeri ciptaan Tuhan yang luar biasa. “Kita berkarir sebagai rimbawan, maka peringatan hari ini sebagai refleksi diri bagi kita. Kalau tidak kita yang menjaga bumi ini siapa lagi. Jadi rimbawan harus di barisan terdepan untuk merawat dan melestarikan bumi,” kata Uli.

Uli juga menekankan agar semuanya merawat pohon yang telah ditanam, karena menanam pohon itu mudah, bahkan biji jatuh dari pohon bisa tumbuh, tetapi yang paling utama adalah merawat supaya tumbuh menjadi besar.

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli yang merupakan salah satu UPT KLHK Provinsi Sumatera Utara turut hadir dalam kegiatan penanaman tersebut dengan mengutus 15 orang sebagai perwakilan. Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si mengajak rimbawan seluruh Indonesia untuk menanam pohon demi masa depan. “Dalam rangka memperingati hari bakti rimbawan, mari kita menanam pohon, menanam untuk kehidupan, menanam untuk masa depan, menanam untuk anak cucu. Jayalah rimbawan kita, jayalah Indonesia kita,” seru Pratiara.

Selain BP2LHK Aek Nauli, UPT KLHK Provinsi Sumatera Utara yang juga mengikuti penanaman yaitu BBKSDA Sumatera Utara, BBTN Gunung Leuser, BTN Batang Gadis, BP2LHK Aek Nauli, BPKH Wilayah I Medan, BPHP Wilayah II Medan, BPSKL Wilayah Sumatera, BPDASHL Wampu Sei Ular, BPDASHL Asahan Barumun, Balai Gakkum LHK Wilayah Sumatera, dan Balai Diklat LHK Pematangsiantar.

Penanaman ini merupakan rangkaian acara menuju puncak peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 36 Tahun 2019, yaitu upacara bendera di lapangan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Senin (18/3/2019).

Setelah pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan, diantaranya lomba memasak antar kepala UPT, terompah, bola volly, tarik tambang, serta lari karung yang dikoordinatori oleh BBKSDA Sumatera Utara sebagai ketua panitia. Dalam perlombaan ini BP2LHK Aek Nauli ikut berpartisipasi dan mendapatkan juara ke-2 untuk lomba bola volly putra dan juara ke-4 lomba masak nasi goreng antar kepala UPT.

Selamat Hari Bakti Rimbawan Ke-36 Tahun 2019. Rimbawan… Jaya, Jaya, Jaya.

 

Foto-foto Kegiatan:

Rimbawan Sumatera Utara dalam kegiatan penanaman pohon

Perwakilan rimbawan BP2LHK Aek Nauli dalam kegiatan penanaman pohon

Kepala BP2LHK Aek Nauli dalam lomba memasak

Lomba terompah kategori putri

Tim volly BP2LHK Aek Nauli

Lomba bola volly kategori putra

Lomba tarik tambang

Lomba lari karung goni kategori putra

BP2LHK Aek Nauli juara ke-2 lomba volly kategori putra

BP2LHK Aek Nauli juara ke-4 lomba masak nasi goreng antar kepala UPT

Bagikan ini di:

2737total visits,36visits today

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *