Balitbang LHK Aek Nauli

Pembahasan ROPt dan ROPg 2019 BP2LHK Aek Nauli

BP2LHK (Aek Nauli, April 2019)_Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Pembahasan Rencana Operasional Penelitian (ROPt) dan Rencana Operasional Pengembangan (ROPg) BP2LHK Aek Nauli tahun 2019 baru bisa dilaksanakan pada bulan April. Hal ini dikarenakan di awal tahun 2019 Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli masih memfokuskan pikiran dan tenaga dalam persiapan pelaksanaan kegiatan Prioritas Nasional (Prinas) yang dilaksakan bersama dengan 5 (lima) Satker Badan Litbang dan Inovasi (BLI) lain, yaitu Puslitbang Hutan, Puslitbang Hasil Hutan, P3SEKPI, P3KLL, BP2TPDAS Solo, serta ditambah dengan Sekretariat BLI.

Dalam pembukaan acara, Kepala Seksi Program dan Evaluasi, Ali Ngimron, S.Hut, M.Eng, menyampaikan bahwa sebagai satker yang kembali diberi amanah untuk melaksanakan kegiatan Prioritas Nasional (Prinas) tahun 2019, semua harus mengingat target yang telah disampaikan oleh Sekretaris BLI, Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si, bahwa pelaksanaan kegiatan Prinas agar diselesaikan pada Agustus 2019 dengan hasil yang baik.

“Tahun 2019 bagi BP2LHK Aek Nauli merupakan tahun yang sibuk. Ada pertarungan dan tuntutan yang cukup besar untuk melaksanakan kegiatan prinas agar diselesaikan dengan baik,” ungkap Ali.

Berhasilnya kegiatan Prinas tahun 2019, akan menjadi indikator keberhasilan untuk dilaksanakannya kembali kegiatan Prinas pada tahun 2020. Ali juga menegaskan kepada seluruh peneliti yang telah melaksanakan kegiatan penelitian dari tahun 2015 hingga 2019 untuk segera membuat bahan sintesa.

“Terkait kegiatan penelitian yang dilaksanakan hanya di tahun 2019 atau hanya berjalan dua tahun, semuanya harus membuat bahan sintesa” tegas Ali Ngimron.

Mekanisme pembahasan ROPt dan ROPg dilaksanakan dengan paparan oleh masing-masing pemegang judul kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian kritik, saran, dan masukan dari peserta diskusi. Pada pembahasan ROPt dan ROPg tahun 2019 dipaparkan kegiatan penelitian dengan judul “Peningkatan Produktivitas HHBK Kapur (Drybalanops aromatica) dan Kemenyan (Styrax sumatrana) melalui Pengembangan Bibit Unggul” oleh Cut Rizlani Kholibrina, S.Hut, M.Si dan satu lagi kegiatan pengembangan dengan judul “Palatabilitas Pakan Rusa (Rusa unicolor) di KHDTK Aek Nauli” oleh Sriyanti Puspita Barus, S.Hut, MP.

Pelaksanaan ROP tahun ini sangat menarik dan berbeda, hal ini karena dilaksanakan bersama dengan pertemuan ilmiah presentasi hasil studi 2 (dua) orang pegawai BP2LHK Aek Nauli yang baru lulus dari program master (S2), yaitu Johni Arisantana Barus, S.Hut di Universitas Diponegoro, Semarang dan M. Hadi Syahputra S.Hut di Hirosima Univesity, Jepang.

Tujuan dari pelaksaan kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Lantai II BP2LHK Aek Nauli ini adalah untuk memberikan masukan, diskusi terhadap pelaksaaan kegiatan penelitian dan pengembangan yang nantinya diharapkan memberikan dampak bagi masyarakat, khususnya di sekitar KHDTK Aek Nauli. Selain itu, dengan dilaksanakan pemaparan hasil studi karyasiswa, hal ini juga dapat menjadi sharing ilmu agar pelaksanaan kegiatan Prinas, penelitian serta pengembangan bisa terlaksana dengan baik.***AMS

Bagikan ini di:

5496total visits,14visits today

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *