Balitbang LHK Aek Nauli

Pembahasan LHPt dan LHPg 2019 BP2LHK Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Desember 2019)_Pada hari Selasa (17/12/2019) lalu, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli melaksanakan Pembahasan Laporan Hasil Penelitian dan Pengembangan (LHPt dan LHPg) di Aula Lt. 2 Gedung Perpustakaan. Pembahasan ini dihadiri pejabat struktural, peneliti, dan teknisi litkayasa BP2LHK Aek Nauli.

Tujuan dari pelaksanaan pembahasan LHPt dan LHPg BP2LHK Aek Nauli ini adalah untuk memberikan masukan dan diskusi sehingga menjadi sharing ilmu agar hasil pelaksanaan kegiatan Prinas, penelitian, serta pengembangan dapat tercapai dengan baik.

Kepala Seksi Perencanaan dan Evaluasi, Ali Ngimron, S.Hut, M.Eng dalam laporannya menyampaikan bahwa pembahasan LHPt dan LHPg merupakan tradisi ilmiah di Badan Litbang dan Inovasi (BLI), termasuk juga pembahasan Rencana Operasional Penelitian dan Pengembangan (ROPt dan ROPg).

“BP2LHK Aek Nauli memiliki 2 judul Rencana Penelitian Pengembangan Integratif (RPPI), yaitu 1 judul kegiatan penelitian dan 1 judul kegiatan pengembangan,” papar Ali.

Ali juga menyampaikan bahwa akan menjadi baik ketika kegiatan yang dilakukan oleh peneliti disampaikan kepada pegawai lainnya, sehingga jika ada orang lain yang bertanya, maka pegawai lingkup litbang Aek Nauli dapat menyampaikan setidaknya sedikit tentang kegiatan litbang yang dilaksanakan di BP2LHK Aek Nauli.

“Kedepannya pembahasan LHP dapat digabung dengan pembahasan Laporan Pelaksanaan Kegiatan (LPK). Lazimnya, semua pelaksana kegiatan juga menyampaikan LPK dan RPK, walaupun kenyataannya akan berbeda pada setiap balai tergantung pada sumber daya manusianya,” tambah Ali.

Kegiatan pembahasan ini dibuka oleh Kepala Seksi Data, Informasi, dan Kerjasama, Ismed Syahbani S.Hut, selaku Plh. Kepala BP2LHK Aek Nauli. Dalam sambutannya Ismed mengharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi peserta yang hadir.

“Selamat melaksanakan pembahasan LHPt dan LHPg, semoga saran dan masukan yang didapat dari diskusi semakin menyempurnakan hasilnya dan semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua,” kata Ismed.

Pada pembahasan LHPt dan LHPg ini dipaparkan 4 dari 7 judul kegiatan litbang oleh peneliti. Dari hasil diskusi, berbagai masukan dan saran diperoleh dari pembahas. Ali menyoroti mengenai keberlanjutan kegiatan litbang di tahun berikutnya karena berakhirnya kegiatan Prinas di tahun 2019. Selain itu, Ali juga memberi masukan tentang penyerahan aset kegiatan litbang kepada balai.

“Terkait pemeliharaan Demplot Pakan Gajah serta barang konsumsi perlu dilaksanakan serah terima ke balai,” ujar Ali.

Sebagai informasi, bersamaan dengan kegiatan pembahasan LHPt dan LHPg ini juga dilaksanakan presentasi hasil studi 2 (dua) orang pegawai BP2LHK Aek Nauli yang baru lulus dari program master, yaitu Johansen Silalahi, S.Hut dan Maskulino Nababan, S.Sos yang selesai S2 di Yeungnam Univesity, Korea Selatan.

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *