Balitbang LHK Aek Nauli

Pemanfaatan Teknologi Kamera 360 Derajat untuk Pemasaran Hasil Litbang

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk berbagai keperluan, baik itu untuk pribadi, urusan bisnis, dan pemerintahan. Teknologi Informasi yang berkembang pesat pada saat dewasa ini mau tidak mau memaksa institusi riset untuk ikut memanfaatkan arus kemajuan ini agar tak tergilas kemajuan zaman.

Hal ini diperlukan agar berbagai hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan dapat dikemas dengan baik sehingga berbagai hasil penelitian tersebut dapat disajikan dengan lebih menarik kepada masyarakat. Dengan teknik penyajian yang menarik, akan lebih banyak menjangkau masyarakat luas karena masyarakat akan antusias dalam menerima sebuah informasi jika penyampaiannya dikemas dengan baik dan menarik. Dengan luasnya jangkauan diseminasi hasil penelitian kepada masyarakat secara tak langsung akan berdampak positif terhadap pemanfaatan dari hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan.

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli melalui seksi Data, Informasi dan Kerjasama (DIK) tengah mengembangkan sebuah teknik penyampaian informasi menggunakan teknologi kamera 360 derajat yang belakangan ini tengah populer di kalangan pengguna media internet. Melalui kamera 360 derajat dihasilkan foto dan video 360 derajat yang mampu menampilkan berbagai objek sekaligus dari berbagai sisi tanpa perlu menggunakan lebih banyak kamera.

Video 360 derajat merupakan sebuah teknik perekaman dan penyajian video yang dapat disaksikan secara fleksibel oleh penonton, karena layaknya sebuah video virtual reality atau 3 dimensi, penonton dapat memutar sendiri jangkauan kameranya berputar keliling 360 derajat sesuai keinginan, seolah-olah mereka berada langsung dalam video tersebut. Dalam pemanfaatan teknologi yang satu ini, BP2LHK Aek Nauli sedang merancang konten hasil-hasil penelitian yang akan dibuat versi Video 360 derajat.

Melalui Video 360 derajat ini diharapkan hasil-hasil kegiatan litbang Aek Nauli dapat didistribusikan secara cepat kepada masyarakat. “Kedepannya kami akan membuat versi Video 360 derajat dari berbagai riset yang dilaksanakan di BP2LHK Aek Nauli, sehingga lebih menarik untuk disimak dan ditonton oleh user,” ungkap Kepala Seksi DIK BP2LHK Aek Nauli, Ismed Syahbani, S.Hut. “Video yang dipublikasikan nantinya dapat disaksikan di smartphone secara langsung maupun menggunakan virtual reality box yang banyak beredar di pasaran,” ujar Ismed menambahkan.

Sebagai sampel pertama dari ujicoba teknologi kamera 360 derajat ini adalah pembuatan video 360 derajat “Serah Terima Buku Pemulihan Ekosistem Danau Toba”, yang dapat dilihat pada video dibawah ini:

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *