Balitbang LHK Aek Nauli

Pelepasan Pindah Tugas Peneliti Senior BP2LHK Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Nopember 2019)_Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli resmi melepas salah seorang peneliti seniornya, Asep Sukmana, SP, M.Sc, Rabu (20/11/2019). Asep yang merupakan Peneliti Madya pindah tugas ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (P3H), Bogor.

Pelepasan dilakukan di Aula Gedung Perpustakaan oleh Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si. Dalam sambutannya Pratiara berpesan agar Asep tetap mempertahankan kinerjanya di tempat yang baru.
“Terimakasih atas sumbangsih pikiran dan tenaga selama di BP2LHK Aek Nauli. Hal yang membuat nyaman dalam bekerja adalah diri sendiri,” tutur Pratiara. “Selamat berpisah dan selamat bertugas di tempat yang baru, sampai bertemu, tetap semangat dan sehat. Doakan kami agar bisa meneruskan hal baik yang telah dilakukan pak Asep,” lanjut Pratiara.

Asep merupakan peneliti di Kelompok Peneliti (Kelti) Pelestarian Sumber Daya Alam (PSDA) yang telah bertugas selama 25 tahun di BP2LHK Aek Nauli. Banyak sumbangsih pikiran dan tenaga yang telah diberikan Asep selama bertugas. Salah satu prestasi Asep yaitu menata Arboretum Aek Nauli menjadi sebaik sekarang ini.

Asep mengenang bahwa dirinya tiba di Aek Nauli pada November 1994 dan akan meninggalkan Aek Nauli pada November 2019, sehingga genap 25 tahun berada di Aek Nauli. Asep berpesan kepada seluruh pegawai yang hadir agar dapat mempertahankan BP2LHK Aek Nauli menjadi pusat wisata ilmiah di kawasan Danau Toba. Selain itu, Asep juga berpesan agar memiliki sikap loyalitas terhadap pimpinan karena akan berkaitan dengan kualitas kinerja.
“Alhamdulillah, selama 12 orang kepala balai yang telah memimpin, saya belum pernah memiliki masalah yang serius. Mengkritik dan memberikan masukan boleh, akan tetapi jangan sampai melawan,” tutur Asep.

Mewakili Kelti PSDA, Wanda Kuswanda, S.Hut, M.Sc, dalam kesannya menyampaikan bahwa telah mengenal Asep selama 17 tahun dan berterima kasih atas karya dan jasa yang selama ini diberikan ke BP2LHK Aek Nauli.
“Karakter Pak Asep mudah bergaul, bekerjasama, amanah dan jiwa sosialnya tinggi,” ujar Wanda selaku Ketua Kelti.

Lebih lanjut, Wanda menyampaikan bahwa Asep tidak hanya membina hubungan pada urusan kantor, tetapi juga di keluarga. Wanda memohon maaf apabila selama bekerja sama ada tutur kata dan tingkah laku yang kurang berkenan.

Pada kesempatan yang sama, mewakili pejabat struktural, Kepala Seksi Perencanaan dan Evaluasi, Ali Ngimron, S.Hut, M.Eng menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang telah dilakukan Asep selama 3 tahun.
“Pak Asep banyak memberikan solusi ketika terdapat permasalahan di balai,” kenang Ali.

Ali juga memohon maaf apabila terdapat kesalahan tutur kata selama berinteraksi. Mengakhiri kesan pesanya, Ali memberikan sebuah kalimat yang diambil dari lirik lagu lawas.
“Bukan perpisahan yang ku tangisi tetapi pertemuan yang ku sesali. Selamat bekerja di tempat yang baru, Pak Asep,” pungkas Ali.

Usai sambutan dan penyampaian pesan dan kesan, dilakukan pemberian cinderamata kenang-kenangan kepada Asep dari balai dan masing-masing seksi, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.***NNN

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *