Balitbang LHK Aek Nauli

Partisipasi BP2LHK Aek Nauli dalam Pekan Nasional KTNA XV Banda Aceh

Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas-KTNA) merupakan perhelatan besar petani dan nelayan yang dilaksanakan secara periodik sejak tahun 1971, bergiliran di 34 provinsi. Forum ini digelar guna membangkitkan semangat dan motivasi para petani-nelayan dan petani hutan. Mereka merupakan pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Penas KTNA kembali dilaksanakan, tahun ini bertempat di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh. Kegiatan akbar yang dihadiri sekitar 35.000 peserta dari seluruh Indonesia itu berlangsung dari 6-11 Mei 2017 yang lalu. Pekan Nasional yang juga berisi gelaran pameran agribisnis ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Penas kali ini mengusung tema “Melalui PENAS Petani dan Nelayan XV 2017 kita mantapkan kelembagaan tani nelayan dan petani hutan sebagai mitra kerja pemerintah dalam rangka kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan menuju kesejahteraan petani nelayan Indonesia”. Para peserta Penas ini berasal dari unsur petani kebun, petani hutan, peternak, dan petani nelayan. Mereka tergabung dalam kelompok tani, gabungan kelompok tani, dan organisasi penyuluh. Selain itu, melibatkan unsur pemerintah, baik pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat.

Tim Data, Informasi dan Kerjasama pada Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli yang dikomandoi oleh Kepala Seksi Data, Informasi dan Kerjasama BP2LHK Aek Nauli, Ismed Syahbani, S.Hut turut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan menampilkan berbagai hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan oleh BP2LHK Aek Nauli sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan Litbang dan Inovasi Kementerian LHK seperti kegiatan lebah madu, pirdot, taxus, jernang, macadamia, kemenyan, kapur, dan lain-lain. Dalam kegiatan pameran ini BP2LHK Aek Nauli bergabung dalam Paviliun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama beberapa direktorat dan unit pelaksana teknis (UPT) lingkup KLHK dan beberapa mitra kerja KLHK diantaranya seperti Forum Konservasi Leuser (FKL), Hutan Alam dan Konservasi Aceh (Haka), Orangutan Information Center (OIC), Yayasan Ekosistem Lestari, Orangutan Coffee, Flora Fauna International (FFI), USAID Lestari, UNDP Tiger, dan Yayasan Satu Cita.

Pertemuan tahunan ini diharapkan dapat menjadi media pertukaran informasi, transfer pengalaman, dan pengembangan jejaring usaha. Disamping itu dapat meningkatkan kerjasama antar peserta Penas serta membangkitkan semangat, tanggung jawab dan kemandirian usaha tani.

Berikut beberapa foto kegiatan PENAS KTNA yang diikuti BP2LHK Aek Nauli yang telah dikompilasi ke format video:

Bagikan ini di:

2859total visits,3visits today

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *