Balitbang LHK Aek Nauli

Partisipasi BP2LHK Aek Nauli dalam Kampanye dan Sosialisasi Gerakan Aksi Komunitas BPSKL Wilayah Sumatera

Dalam  rangka memperingati hari Menanam Pohon yang diperingati setiap tanggal 28 November, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL)  Wilayah Sumatera mengajak beberapa komunitas peduli lingkungan yang ada di Sumatera Utara untuk mengadakan kampanye dan sosialisasi serta gerakan aksi komunitas yang diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat agar lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai aksi bersama dalam upaya penyelamatan sumber daya alam, mendukung upaya peningkatan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan, memberikan aksi nyata bagi program Revitalisasi Danau Toba serta bentuk aksi nyata untuk memperingati Hari Menanam Nasional.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, mulai dari 24 s/d 25 November 2017 yang terdiri atas aktifitas materi kelas, diskusi konservasi, konsolidasi kader dan tokoh komunitas, deklarasi peduli lingkungan dan konservasi, aksi bersih danau toba dan aksi tanam 1000 pohon. Kegiatan ini bertempat di Taman Eden 100 Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir.

Selain BP2LHK Aek Nauli, narasumber yang juga diundang diantaranya adalah dari Direktorat Kemitraan Lingkungan Ditjen PSKL, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Sumatera, serta Koordinator Daerah FK3I Sumatera Utara.

Pada kesempatan ini BP2LHK Aek Nauli berpartisipasi dalam pemaparan materi dan diskusi dengan tema Pengembangan KHDTK dalam Program Revitalisasi Danau Toba. Dr. Aswandi yang merupakan Peneliti di BP2LHK Aek Nauli bertindak sebagai pemateri yang memaparkan Konsep Edutainment pada KHDTK Aek Nauli dalam mendukung Program Revitalisasi Danau Toba.

Para peserta terlihat sangat antusias dalam sesi diskusi, terutama mengenai budidaya lebah madu dan macadamia yang selain berfungsi dalam pelestarian lingkungan juga memiliki nilai ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sabtu, 25 November 2017, acara dilanjutkan dengan penanaman bibit MPTS (Multy Purpose Trees Species) sebanyak 1000 bibit yang berlokasi di  Parapat dan acara diakhiri dengan pembagian tong sampah kepada beberapa hotel, LSM dan Sekolah oleh Bank Sampah Medan, yang masing-masing mendapatkan sebanyak 8 buah sebagai aksi nyata menciptakan Danau Toba yang bebas sampah.***PR

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *