Balitbang LHK Aek Nauli

Motivasi Sekretaris BLI dalam Meningkatkan Kualitas Penelitian

Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si. dalam kunjungannya ke BP2LHK Aek Nauli pada Jumat (17/02/17) menghimbau seluruh pegawai lingkup Aek Nauli untuk bekerja secara luar biasa. “Allah telah memberi peluang untuk hidup dan kita wajib mensyukuri apa yang telah kita dapat,” ujar beliau. Sylvana mengatakan bahwa seluruh pegawai telah memiliki peran masing-masing. “Menjadi peneliti adalah pilihan yang luar biasa,” pungkasnya.

Beliau juga menghimbau para pejabat struktural mendorong peneliti agar penelitian dapat berjalan baik sehingga hasil-hasil penelitian memiliki kualitas yang sangat baik. Beliau menghimbau peneliti untuk berfikir positif agar penelitiannya berhasil. “Hasil-hasil penelitian harus dapat disampaikan ke publik,” pungkasnya. Para struktural harus memiliki komunikasi yang baik dengan peneliti. “Apabila Aek Nauli tidak menghasilkan apa-apa, maka kepala balai tidak ada gunanya,” tegas Sylvana. Kepala balai juga harus memiliki ide dan kreatifitas yang luar biasa untuk menggerakkan seluruh pegawai. Beliau berharap dengan luasan arboretum Aek Nauli yang 50 ha dapat menjadi potensi yang luar biasa untuk dapat terus dikembangkan menjadi lokasi wisata pendidikan sekaligus ekowisata.

Cut Rizlani Kholibrina, S.Hut, M.Si. selaku peneliti BP2LHK Aek Nauli merasa terpacu dan harus berlari membawa BLI. “Kami mendapatkan spirit dengan kedatangan Ibu Sekbadan,” pungkas beliau. Kholibrina mengharapkan hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga peneliti tidak menikmati hasil penelitiannya sendiri. Beliau memaparkan di Aek Nauli nantinya akan dibangun kebun benih kemenyan, kapur, dan jernang.

Aam Hasanuddin, teknisi BP2LHK Aek Nauli menyampaikan dengan lugas bahwa Aek Nauli sudah dikenal dalam budidaya lebah madu. Lebah madu sudah menjadi icon balai sehingga kedepannya akan menjadi ujung tombak dalam mendukung program revitalisasi danau toba.

Sylvana juga mengingatkan bahwa kita sebagai warga Indonesia dengan dasar negara Pancasila dimana Aek Nauli terdiri dari beragam suku dan agama untuk tidak menjadikan perbedaan sebagai penghalang didalam kerjasama tim untuk memajukan kinerja balai. Beliau menghimbau semua pegawai melaksakan tupoksi sehingga tiap jam kerja tidak ada yang terbuang. “Saya gagal paham apabila pegawai tidak produktif”, tuturnya. Kunjungan Sekretaris BLI ke Aek Nauli merupakan kunjungan ketiga beliau setelah Manado dan Makassar.

Menyambut baik himbauan tersebut, Kepala BP2LHK Aek Nauli Pratiara, S.Hut, M.Si menyatakan bahwa keberhasilan kinerja balai tidak dapat dicapai tanpa etos kerja yang tinggi. “Pegawai harus melaksakan tugasnnya sesuai tupoksi,” tutup Pratiara. Ibu Sekretaris BLI juga berkunjung ke Sekretariat Bersama Revitalisasi Danau Toba dan ke lokasi ekowisata gajah jinak di KHDTK Aek Nauli.

***

Kontributor Foto: Hery Susanto

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *