Balitbang LHK Aek Nauli

Meski Purna Tugas Kita Tetap Bersaudara

“Ada kekosongan dalam jiwa ketika kita harus berpisah. Namun, jika tidak berpisah sekarang pasti kita akan berpisah suatu hari nanti oleh kematian karena kematian itu lebih pasti datangnya dari pada matahari terbit,” ucap Pratiara, S.Hut., M.Si, Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli pada acara pelepasan purna tugas (pensiun) pegawai (24/02/2017). Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Pertemuan Gedung Perpustakaan yang dihadiri oleh para pejabat struktural dan seluruh pegawai lingkup BP2LHK Aek Nauli serta keluarga pegawai yang purna tugas.

“Meski sudah purna tugas kita masih tetap bersaudara, sapa kami saat bertemu, undang kami jika ada jamuan makan,” kata Pratiara sambil tertawa disambut gelak tawa pegawai lainnya yang membuat suasana ruangan menjadi hangat. Pada kesempatan tersebut, Pratiara juga mengucapkan terimakasih atas kinerja ketiga pegawai yang memasuki purna tugas yaitu Ir. Boyke Napitupulu, M.Si., Siswanto Djaingsastro BScF., dan Maryono S. Lebih lanjut Ir. IGN Oka Suparta, Kepala Sub Bagian Tata Usaha menyampaikan permohonan maaf apabila ada pelayanan tata usaha yang kurang memuaskan selama ini.

Ketua Forum Peneliti, Asep Sukmana, SP., M.Sc. juga turut menyampaikan kesan, terkhusus kepada Boyke Napitupulu. “Kami merasa sangat kehilangan karena 22 tahun saya di Aek Nauli begitu banyak kesan di Lab 5 (red: sekarang Pelestarian Sumber Daya Alam-PSDA) bersama Pak Boyke, selaku peneliti senior,” tutur beliau. Dimata Asep, Boyke merupakan orang yang mudah dalam membagikan ilmu dan rekan kerja yang sangat baik. “Sudah banyak ilmu yang diwariskan beliau untuk Aek Nauli semoga kenang-kenangan (red:ilmu) yang Pak Boyke berikan menjadi bekal penyemangat bagi kami,” katanya penuh haru.

Mewakili Forum Teknisi Litkayasa (Forteks), Aam Hasanudin, S.Hut menyampaikan ucapan terimakasih atas jasa-jasa pegawai yang purna tugas khususnya Pak Siswanto selaku rekan kerja sesama teknisi yang sempat menekuni lebah madu dan Maryono selaku pramudi yang sudah banyak berjasa dalam kelancaran kegiatan teknisi selama ini.

Menyambut kesan dan pesan tersebut Siswanto dan Maryono turut menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa syukur karena dapat melewati masa purna tugas dari BP2LHK Aek Nauli. Pada kesempatan yang sama, Boyke yang sudah mengabdi 30 tahun di Aek Nauli menyampaikan pesan untuk seluruh pegawai bahwa dalam hidup ada 3 hal yang selalu beliau pegang yaitu bersyukur, tidak menjelekkan pegawai lain terutama atasan ke khalayak luar, dan mengenali lingkungan sekitar. Boyke juga menyampaikan permohonan maaf kepada alam, pegawai, dan negara. “Saya minta maaf kepada negara karena saya tidak menerapkan ilmu saya sepenuhnya untuk negara,” ungkapnya dengan tegas.

Acara diakhiri dengan pemberian cenderamata oleh kepala balai kepada ketiga pegawai yang memasuki purna tugas sebagai tanda terimakasih dan wujud apresiasi atas pengabdian selama bertugas di BP2LHK Aek Nauli. Selanjutnya dilakukan foto bersama pegawai yang purna tugas dengan pimpinan dan seluruh pegawai kemudian ditutup dengan saling berjabat tangan.

***

Kontributor Berita: Annyse Meiga Sinaga

Editor: Novrianty Nainggolan

Kontributor Foto: Hery Susanto

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *