Balitbang LHK Aek Nauli

Menyatu dengan Alam di hari Lingkungan Hidup Sedunia

World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni. “Tujuan peringatan hari tersebut adalah untuk menggugah kepedulian manusia pada lingkungan hidup yang cenderung semakin rusak,” jelas Pratiara, Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, BP2LHK Aek Nauli melaksanakan upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai dan dipimpin langsung oleh kepala balai, Pratiara S.Hut., M.Si (5/6). Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2017 ini mengambil tema tentang ‘menyatu dengan alam’. Berinteraksi dengan alam, mengenali, dan menikmati keindahan alam untuk kemudian tergerak untuk melindungi alam.

Kesadaran manusia akan lingkungan hidup sudah berkurang,” ujar Pratiara. Pratiara mengajak seluruh pegawai untuk melestarikan lingkungan karena manusia merupakan bagian dari alam. Kehidupan manusia sangat bergantung pada alam, tentu ini memberikan peluang bagi manusia untuk mencari solusi yang tepat bagaimana menyelaraskan kebutuhan manusia dengan kelestarian lingkungan.

Hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan dilingkup balai yaitu dengan menjaga kebersihan area perkantoran. Salah satu contohnya adalah dengan tidak merokok sembarangan di area perkantoran karena asap rokok tersebut menjadi polusi bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan. Pratiara berharap untuk membuat komitmen bersama dalam melestarikan lingkungan.“BP2LHK merupakan bagian dari pondasi Negara Indonesia, minimal dapat menjadi warna, karena semua pegawai mencintai negara,” ujar Pratiara.

Saat ini sudah memasuki musim kemarau, Pratiara juga menghimbau seluruh pegawai untuk berhati-hati dengan api karena api sudah menjadi bencana nasional.“Kalau bukan kita (red: seluruh pegawai BP2LHK Aek Nauli) yang mengontrol siapa lagi, apabila rasa peduli tidak ada maka akan mengakibatkan hutan yang kita punya habis,” pesan Pratiara.

Menutup sambutannya Pratiara berpesan bahwa seluruh pegawai merupakan bagian dari alam maka kita harus menyatu dengan alam. “5 Juni sebagai kilas balik kita mencintai lingkungan, kembali pada alam,” tutup Pratiara.

***

Artikel: Novrianty

Bagikan ini di:

5396total visits,3visits today

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *