Balitbang LHK Aek Nauli

Meningkatkan SDM Balai Melalui Desain Grafis

Demi meningkatkan kualitas sumber daya pegawai, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli mengadakan pelatihan photoshop (28/02/2017). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Sekretariat Bersama Revitalisasi Danau Toba yang dihadiri oleh 4 orang bakti rimbawan (Annyse, Donna, Novrianty, dan Pratiwi) serta 1 orang teknisi, Sanjaya, S.Hut., M.Si.

Berbekal pengalaman dalam hal design fotographis, Wendra S. Manik, S.Hut (teknisi) membagikan ilmunya mengenai photoshop. Tujuan utama kegiatan ini adalah mengetahui tehnik editing foto yang nantinya akan digunakan dalam mendesain leaflet dan poster.

Wendra memaparkan bidang desain dari mulai desain interface hingga editing foto yang sudah umum dikenal (cutting foto menggunakan pen tool). Seperti yang kita ketahui, photoshop merupakan suatu program editing gambar yang dipergunakan untuk membuat, mengolah, dan menghasilkan suatu gambar (image) digital dengan cara tehnik dan pembuatan efek, sehingga gambar terlihat lain dari aslinya dan berkualitas tinggi. Dengan photoshop kita dapat mendesain berbagai macam bentuk ilustrasi secara tepat seperti : koran, tabloid, cover buku, brosur, dan lain-lain.

“Photoshop tidak sesulit yang kalian pikirkan hanya perlu banyak latihan saja,” tegas Wendra disela-sela pengajarannya. Peserta menyambut baik dan tertarik untuk mempelajari photoshop secara lebih serius. Harapannya peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dari pelatihan photoshop demi menunjang kinerja BP2LHK Aek Nauli.

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *