Balitbang LHK Aek Nauli

Menikmati Kesejukan Tegakan Sampinur Tali di Arboretum Aek Nauli

sampinur taliSampinur tali (Dacrydium elatum) merupakan pohon konifer yang hijau sepanjang waktu (evergreen). Jenis ini termasuk dalam keluarga Podocarpaceae. Batang lurus dengan tinggi mencapai 8-40 m dengan kulit kayu berwarna coklat dan banyak cabang. Tajuk berbentuk bundar dengan panjang daun 4-14 mm.

Spesies ini tersebar di Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Malaysia (Sarawak dan Sabah). Di Indonesia terdapat di Sumatera (di pantai barat dan di Tanah Batak) dan Kalimantan. Sampinur tali tumbuh pada ketinggian rendah sampai sedang dan banyak tumbuh di daerah tropis yang lembab dengan ketinggian sampai 1700 m dpl. Tanaman ini cenderung tumbuh lebih baik pada kawasan terbuka walaupun dapat juga tumbuh pada kondisi cahaya yang minim.

Sampinur tali tidak menuntut tempat tumbuh yang baik. Tanaman ini dapat tumbuh di lokasi yang kurang subur dan kondisi tanah yang lembab. Tumbuh pada suhu 21,2oC dan curah hujan 2.095 mm/tahun.

Untuk perkembangbiakannya, biji sampinur tali dapat ditanam setiap saat pada tanah berpasir di rumah kaca. Biji yang paling baik ditanam adalah biji yang sudah tua (matang). Setelah tumbuh cukup besar, bibit dapat dipindah ke polybag hingga siap untuk ditanam. Selain itu, sampinur tali juga dapat diperbanyak melauli stek batang dengan panjang 5-10 cm.

Sampinur tali tidak tahan terhadap serangan rayap kayu kering. Kayu kekuningan, lunak, dan bertekstur sangat halus. Karena kayunya lunak, sampinur tali dapat dimanfaatkan untuk pembuatan papan, vinir, mebel, dan kayu lapis. Selain itu, batang sampinur tali dapat disuling untuk menghasilkan minyak esensial yang dapat digunakan untuk mengobati sakit perut.

tegakan sampinur tali di arboretum aek nauliBalai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli memiliki plot tanaman sampinur tali di kawasan arboretum seluas 0,12 ha yang ditanami pada tahun 1997 oleh Posman Nainggolan, Salah Satu ASN yang bertugas di BP2LHK Aek Nauli sebanyak 50 pohon. Bibit Sampinur diperoleh dàri Rondang atau Hutan Lindung Sibatuloteng. Lokasi Plot Sampinur di BP2LHK Aek Nauli ini menyuguhkan keindahan alam yang mempesona dan suasana yang sangat sejuk. Lokasinya sangat cocok untuk tempat bersantai sambil berfoto-foto ria. Lokasi yang jauh dari keramaian dan hawa sejuk di sekitar kawasan akan memberikan ketenangan bagi para wisatawan yang berkunjung. Hutan sampinur tali ini masih dalam satu kawasan dengan hutan pinus. **NNN

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *