Balitbang LHK Aek Nauli

Memupuk Kebersamaan Melalui Pelatihan Bela Negara

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Januari 2020)_Dalam rangka membentuk tekad, sikap, perilaku, dan kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli mengadakan pelatihan bela negara bagi tenaga kontrak dan bakti rimbawan. Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 14 Januari 2020 ini dapat terselenggara atas kerjasama yang baik antara BP2LHK Aek Nauli dengan Kepolisian Sektor Parapat, Kabupaten Simalungun.

Kanit Binmas Polsek Parapat, Aiptu. L. Naibaho selaku Instrukur dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan bela negara ini difokuskan pada materi baris-berbaris. Selain itu para peserta juga diberikan beberapa materi mengenai cinta tanah air, protokoler upacara bendera, wawasan kebangsaan, latihan fisik, kekompakan, kedisiplinan, games, dan juga kebersamaan.

“Kami sangat mengapresiasi para peserta kegiatan pelatihan bela negara ini, karena walau dalam waktu pelaksanaan kegiatan yang relatif singkat, peserta cepat dapat memahami dan menerima berbagai materi yang kami ajarkan,” ungkap Naibaho.

Lebih lanjut Naibaho menjelaskan bahwa materi baris-berbaris yang diberikan itu merupakan dasar dari pelatihan disiplin diri dan secara tidak langsung juga menjadi pemersatu sehingga para peserta dapat berkolaborasi dengan baik antar satu sama lain.

“Kegiatan ini kalau bisa dilaksanakan berkesinambungan, karena secara tidak langsung kita bisa memupuk dasar-dasar kebersamaan, kekompakan, dan saling mengisi kekurangan, sehingga dengan kolaborasi yang baik antar para peserta, diharapkan dapat menyelesaikan berbagai tugas yang dibebankan nantinya,” tambah Naibaho. Hal ini turut diaminkan oleh Kanit Sabhara Polsek Parapat, Aiptu T. Sinaga yang juga mendampingi sebagai instruktur pada kegiatan kali ini.

Novrianty Nainggolan, salah satu bakti rimbawan yang menjadi peserta, menyampaikan kesannya mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Menurut Novrianty, kegiatan pelatihan bela negara membuat bakti rimbawan dan tenaga kontrak semakin kompak dan satu rasa.

“Disini kita bisa tahu kondisi teman apakah sudah lelah, jadi kita harus tunggu istirahat, jika ada teman yang masih fit, harus mau mengalah terhadap teman yang sudah lelah, disini juga dilatih kekompakan karena kita tidak bisa membawa ego kita masing-masing, kita harus mengatur tempo yang berpatokan kepada kawan yang lain,” ungkap Novrianty.

Senada dengan Novrianty, peserta lainnya, Satria Harahap (Petugas Keamanan), juga mengungkapkan harapan dan antusiasnya terhadap kegiatan pelatihan.

“Kalau boleh saya berharap, kegiatan seperti ini perlu sering-sering dilaksanakan, agar kita bisa semakin kompak. Kami ikhlas dan selalu semangat mengikuti karena penuh kebersamaan,” ungkap Satria. “Intinya senang dan sekaligus seru, apalagi ketika berendam dilumpur, itu salah satu bentuk cinta tanah air tanpa batas,” pungkasnya Satria.

Selesai pengajaran semua materi, acara ditutup oleh Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si dengan melakukan penyiraman air bunga kepada para peserta yang telah berhasil mengikuti kegiatan ini dengan baik.

“Suatu saat kita akan dimintai jasa kita oleh negara untuk turut berkorban membela negara, kita harus siap,” ujar Pratiara. “Mari kita amalkan hidup disiplin, karena negara tidak bisa maju tanpa disiplin, tanpa kejujuran, tanpa integritas, dan tanpa kerjasama. Kita akan sampai di tujuan jika kita melaksanakannya secara bersama-sama,” tutup Pratiara.***Hrs

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *