Balitbang LHK Aek Nauli

Mahasiswa USI dan UKDW Presentasikan Hasil Magang di BP2LHK Aek Nauli

[BP2LHLK Aek Nauli]_Sebagai bentuk pertanggung jabawan kegiatan magang yang telah selesai dilaksanakan di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, 5 orang mahasiswa Program Studi (Prodi) Kehutanan, Universitas Simalungun (USI) dan 3 orang mahasiswa Prodi Biologi, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) mempresentasikan hasilnya di hadapan beberapa pejabat struktural dan peneliti BP2LHK Aek Nauli, Senin (21/8/2020). Program magang ini merupakan sarana peningkatan keterampilan dan pengalaman sebagai bekal memasuki dunia kerja bagi mahasiswa, dimana oleh USI disebut Kuliah Kerja Usaha (KKU) yang dilaksanakan dari 7 Juli s/d 31 Agustus 2020, dan oleh UKDW disebut Proyek Pengembangan Profesi (P3) yang dilaksanakan dari tanggal 5 s/d 31 Agustus 2020.

Kepala Seksi Data, Informasi dan Kerjasama, Ismed Syahbani, S.Hut, yang mewakili Kepala BP2LHK Aek Nauli, di awal acara menyampaikan selamat kepada para mahasiswa yang sudah selesai melaksanakan kegiatan KKU dan P3 di BP2LHK Aek Nauli. Ismed juga menyampaikan bahwa kegiatan presentasi yang dilaksanakan bukanlah semacam ujian, namun hanya sekedar mengevaluasi agar pelaksanaan dan hasil kedepannya bisa lebih baik lagi.

“Sebelumnya saya ucapkan selamat buat adik-adik mahasiswa yang sudah menyelesaikan KKU dan P3 nya. Hari ini kita akan coba evaluasi apa saja hasilnya yang telah adik-adik dapatkan selama disini,” kata Ismed. “Evaluasi ini bukan hanya bermanfaat untuk penyempurnaan laporan hasil KKU dan P3 nya saja, tapi juga mungkin masukan bagi balai terkait mekanisme dan juga materi yang akan diberikan kepada mahasiswa yang mau belajar di sini kedepannya,” tambah Ismed.

Banyak hasil KKU dan P3 yang didapatkan oleh mahasiswa yang dipresentasikan secara bergantian. Selama KKU dan P3 mereka mendapatkan berbagai materi, diantaranya tentang pembuatan asap cair; silvopastura; litbang Rusa Sambar, pembuatan kertas, kompos, dan papan partikel dari kotoran gajah; teknik budidaya lebah madu; pemanenan pinus dan kemenyan; aplikasi pengenal pohon Ask The Tree; analisis vegetasi; bahkan pemetaan menggunakan Drone.

Ada beberapa hal didapatkan yang mungkin kalau ditindaklanjuti akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan menarik. Diantaranya dalam membuat asap cair, dimana seperti disampaikan salah seorang mahasiswa UKDW, yaitu Basaria F.A. Sihombing, bahwa mereka tidak hanya mencoba membuat asapnya saja, tetapi juga berusaha meningkatkan grade asapnya lebih baik dengan melakukan beberapa kali filtrasi, sehingga kandungan tar nya berkurang dan asap cairnya menjadi lebih jernih.

Berbagai presentasi tersebut juga banyak mendapatkan masukan dan saran, terutama terkait output/produk yang diharapkan. Kepala Seksi Program dan Evaluasi, Ali Ngimron, S.Hut, M.Eng menyampaikan bahwa harusnya setiap materi yang didapatkan harus juga disampaikan juga hasilnya bukan cuma prosesnya pelaksanaannya saja.

“Saya melihat yang dipresentasikan lebih banyak proses pelaksanaan kegiatannya saja, kurang disampaikan apa manfaat dan hasilnya, padahal itu penting untuk memberikan gambaran sejauh mana keberhasilan adik-adik dalam menerima pengajaran,” kata Ali. “Dari situlah juga nantinya adik-adik bisa dengan baik menyampaikan dan membagikannya kepada masyarakat/orang lain,” tambah Ali.

Senada dengan Ali, peneliti Kelti PSDA, Freddy Jontara Hutapea, S,Hut, M.For.Sc, menyampaikan bahwa seharusnya memang laporan dipresentasikan secara detail dan menarik sehingga mudah dimengerti oleh orang lain.

“Presentasinya harus dibuat menarik, jangan kebanyakan tulisan. Selain itu harus jelas disampaikan mulai dari tujuan, proses, hasil, manfaat, dan juga kalau ada rencana pengembangannya dari masing masing kegiatan,” kata Freddy. ”Jadi mungkin di laporan finalnya nanti harus disempurnakan lagi,” pungkas Freddy.

Diakhir presentasi yang dilaksanakan sekitar 2 jam ini, sebagai penutup Ismed menyampaikan harapannya, semoga pelajaran dan pengetahuan yang sudah didapatkan selama KKU dan P3 bisa bermanfaat bagi mahasiswa kedepannya, baik di masyarakat maupun di dunia kerja.***MB

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *