Balitbang LHK Aek Nauli

Launching Program Silvopastura di KHDTK Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Maret 2020)_Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc, secara resmi melaunching “Program Silvopastura di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli”, pada hari Jumat (13/3/2020).

Dalam sambutannya, Agus menyampaikan bahwa ketersedian kawasan, ketersediaan rerumputan, sumberdaya manusia, dan litbang (inovasi) adalah peluang yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal di KHDTK Aek Nauli. Bergerak dari hal inilah, maka BLI melalui Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli akan mengembangkan program silvopastura.

“Program silvopastura di KHDTK Aek Nauli nantinya akan dilaksanakan dengan konsep yang sistemya bukan dengan penanaman tanaman pakan ternak di bawah tegakan, melainkan dengan penggembalaan terkontrol pada zonasi tertentu di kawasan hutan yang tanaman pakan alaminya berlimpah,” jelas Agus.

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa launching program silvopastura di KHDTK Aek Nauli merupakan bentuk sosialisasi bahwa BP2LHK Aek Nauli tidak hanya melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan saja, tetapi juga turut berupaya nyata dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu, launching ini juga merupakan upaya mendapatkan dukungan berbagai pihak dalam pengelolaan dan pengembangannya, serta juga merupakan sarana untuk mempromosikan program silvopastura sebagai destinasi wisata ilmiah baru di BP2LHK Aek Nauli,” pungkas Agus.

Pada tahap pertama sapi yang dikembangkan dalam program silvopastura di KHDTK Aek Nauli ada 8 ekor, yang akan dipelihara khusus oleh masyarakat yang ada di sekitar kantor, dengan area pemeliharaan seluas 45 ha. Untuk keberhasilan program silvopastura tersebut, nantinya akan didukung dan dikembangkan juga aspek risetnya, baik dari segi teknik, daya dukung kawasan, dan juga sosial ekonomi masyarakat sekitar.

Sebagai informasi, launching program silvopastura di KHDTK Aek Nauli juga dirangkaikan dengan kegiatan branding aplikasi identitas pohon dengan nama Astri yang merupakan akronim dari Ask the Tree, penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan Ke-37 tahun 2020, serta sosialisasi bank sampah dan minim sampah dari Dharma Wanita Persatuan BLI.

Turut hadir dalam kegiatan launching ini, yaitu Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi, Kepala Balai Besar Lingkup Badan Litbang dan Inovasi, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Kepala Balai Lingkup Badan Litbang Inovasi, Kepala BPDASHL Asahan Barumun, Kepala BDLHK Pematangsiantar, Kepala KPH Wil. II Pematangsiantar, Camat Girsang Sipangan Bolon, Camat Dolok Panribuan, Kapolsek Parapat, Danramil Parapat, Kepala Desa Sibaganding, Kepala Desa Dolok Parmonangan, Mitra Kerjasama, awak media, serta influencer media sosial.***Hrs

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *