Launching Internal Buku Pemulihan Ekosistem Danau Toba

Menerbitkan sebuah buku menjadi sebuah kebanggaan. Itulah euforia yang dirasakan peneliti silvikultur, Dr. Aswandi dan Cut Rizlani Kholibrina, S.Hut, M.Si. Difasilitasi oleh BP2LHK Aek Nauli kedua peneliti tersebut menerbitkan sebuah buku berjudul “Pemulihan Ekosistem Danau Toba”. Buku tersebut disusun untuk merumuskan status riset (state of the art) litbang ekosistem Danau Toba serta mengkaji berbagai skema yang berhubungan dengan upaya pemulihannya.

Seremonial launching buku dilaksanakan pada apel pagi di lapangan upacara BP2LHK Aek Nauli (25/09/2017). Launching buku ini dipimpin langsung oleh kepala balai, Pratiara, S.Hut., M.Si. Walaupun acara ini dilaksanakan dengan sederhana namun ini tidak menghilangkan makna penghargaan BP2LHK Aek Nauli terhadap karya yang mereka tulis. Dalam sambutannya, Pratiara menyampaikan bahwa karya tulis merupakan prasasti yang akan selalu diingat orang. “Selaku pimpinan, saya menyampaikan terimakasih kepada peneliti, sebagai ujung tombak litbang, yang sudah menuangkan hasil karyanya dalam bentuk buku,” tutur Pratiara. “Ini merupakan prestasi bagi yang bersangkutan dan bagi instansi kita,” sambung Pratiara.

Buku Pemulihan Ekosistem Danau Toba mengkompilasi riset-riset yang telah dilakukan berbagai pihak di Danau Toba. Selaku penulis, Aswandi menyampaikan bahwa apa yang tertulis di buku tersebut dapat memberikan sedikit ilmu dari luasnya bidang ilmu yang ada di dunia ini. Aswandi juga mengakui bahwa menulis buku bukanlah hal yang mudah. “Saya mengapresiasi kepada semua penulis buku, karena menulis buku merupakan upaya yang luar biasa,” tuturnya. “Buku ini bercerita tentang hal-hal yang belum banyak digali mengenai Danau Toba dan meyakini buku ini bukan merupakan buku yang yang pertama mengenai riset Danau Toba. Mudah-mudahan buku ini dapat bermanfaat bagi kita, bagi insan peneliti, dan pihak-pihak yang terkait dengan pemulihan Danau Toba,” sambung Aswandi. Mengakhiri sambutannya, Aswandi berterimakasih kepada kepala balai, kepala seksi DIK, Ismed Syahbani, S.Hut., teman-teman peneliti dan teknisi khususnya teknisi silvikultur yang banyak menginspirasi dan berbagi pengalaman, dan kepada pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang sudah berkontribusi banyak terhadap penerbitan buku tersebut.

Menutup acara tersebut, Pratiara menyampaikan bahwa penerbitan buku ini menjadi pemicu bagi pegawai lingkup BP2LHK Aek Nauli untuk berbuat, berprestasi, agar ke depan lebih baik dan berguna bagi lingkungan. “Teruslah berbuat, terus menulis, sukses untuk teman-teman dan kita semua,” pesan Pratiara.

Diharapkan hasil-hasil litbang yang dipublikasikan dan disebarluaskan akan memberikan informasi terbaru kepada khalayak luas. Semoga bendera badan litbang dan inovasi semakin berkibar dengan terbitnya buku Pemulihan Ekosistem Danau Toba.

***

Kontributor foto: Hery Susanto

Bagikan ini di:

One thought on “Launching Internal Buku Pemulihan Ekosistem Danau Toba

  1. Pingback: Makadamia untuk Danau Toba – Revitalisasi Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *