Balitbang LHK Aek Nauli

Kunjungan Kerja Komisi B DPRD Prov. Sumut Ke BP2LHK Aek Nauli

Sebagai tindak lanjut hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi B DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli dan beberapa instansi lain yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, Komisi B DPRD Prov. Sumut melaksanakan kunjungan kerja BP2LHK Aek Nauli pada hari Kamis (4/3/2021).

“Dari hasil RDP kami mendapatkan informasi bahwa beberapa objek wisata yang ada di Kab. Simalungun, termasuk yang berada di kawasan hutan Aek Nauli masih belum dikelola secara maksimal dan juga perlu dukungan. Karena itu kami dari Komisi B DPRD Prov. Sumut yang bermitra langsung dengan instansi kehutanan dan pariwisata melakukan kunjungan kerja ke lapangan” kata Wakil ketua Komisi B DPRD Sumut, Zeira Salim Ritonga, SE.

“Harapannya, kita dapat menggali seluruh  potensi-potensi yang ada untuk didukung pengembangannya dan menemukan solusi terkait permasalahan dan kendala yang ada dalam pengelolaannya” tambah Zeira.

Menyambung yang dikatakan Zeira, salah satu anggota Komisi B DPRD Sumut yang juga ikut berkunjung, Gusmiyadi, SE, menyampaikan bahwa BP2LHK Aek Nauli juga memiliki Taman Wisata Kera Sibaganding yang memiliki potensi untuk menarik wisatawan manca negara. Gusmiyadi berharap BP2LHK Aek Nauli dapat bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menjadikan Taman Wisata Kera Sibaganding sebagai salah satu ikon wisata Danau Toba.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si yang menyambut kedatangan rombongan, langsung memaparkan dan memberikan penjelasan terkait BP2LHK Aek Nauli, mulai dari tugas pokok, sarana dan prasana, SDM, kawasan hutan, potensi kegiatan litbang, serta potensi wisata ilmiah di BP2LHK Aek Nauli.

“Tupoksi balai kami adalah melaksanakan kegiatan litbang di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Sebagian besar sumberdaya yang kami miliki, seperti anggaran, SDM peneliti dan teknisi, dan KHDTK, fokusnya adalah untuk mendukung berhasilnya kegiatan litbang tersebut” papar Pratiara. “Sehingga mohon dimaklumi jika pengelolaan kegiatan wisata ilmiah di sini belum memuaskan, karena memang perlu banyak berkolaborasi dengan berbagai pihak agar dapat berjalan dengan optimal” tambah Pratiara.

Lebih lanjut Pratiara juga menjelaskan bahwa BP2LHK Aek Nauli telah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak terkait pengembangan wisata ilmiah yang ada. Kerjasama dengan beberapa pihak tersebut, seperti dengan RFI dan PT. TPL sedang berproses, dan diharapkan satu atau dua tahun kedepan akan ada perubahan pada pengelolaan wisata di BP2LHK Aek Nauli, sehingga tujuan utamanya sebagai destinasi alternatif pendukung kawasan wisata Danau Toba dapat tercapai dengan baik.

Upaya dan capaian yang sudah dilakukan oleh BP2LHK Aek Nauli diapresiasi oleh anggota Komisi B DPRD Prov. Sumut yang lain, salah satunya adalah Pantur Banjarnahor. Dirinya menyampaikan bahwa apa yang sudah dilakukan oleh BP2LHK Aek Nauli sudah bagus, walaupun masih belum optimal dan perlu ditingkatkan. Komisi B DPRD Prov. Sumut akan mencarikan solusi permasalahan tersebut untuk ditindaklanjuti baik kepada pemerintah daerah, pemerintah pusat, maupun pihak swasta yang terkait, guna mendukung pengembangan wisata ilmiah yang ada di BP2LHK Aek Nauli.

“Semoga tahun depan ketika berkunjung kembali ke BP2LHK Aek Nauli, telah terjadi perubahan yang signifikan” ungkap pantur. “Kami pun akan selalu mendukung dalam penngembangannya” pungkasnya.

Di akhir kunjungan, sebagai pemimpin rombongan, Zeira berterima kasih atas sambutan dan informasi yang didapatkan dari BP2LHK Aek Nauli. Harapannya masukan-masukan yang disampaikan oleh anggota komisi B DPRD Sumut dapat menjadi semangat dan energi baru, sehingga kedepan pengelolaannya wisata di BP2LHK Aek Nauli menjadi lebih baik lagi.***NNN

****************
Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli
Jln. Raya Parapat Km. 10,5 Desa Sibaganding, Kec. Girsang Sipanganbolon, Parapat, Kab. Simalungun, Prov. Sumatera Utara 21174
Email : bpk.aeknauli@gmail.com
Web : http://aeknauli.org
FB : Balitbang LHK Aek Nauli
IG : @bp2lhk_aeknauli
Twitter : @bpk_aeknauli
Youtube : BP2LHK AekNauli

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *