Balitbang LHK Aek Nauli

Kreasi Kaum Muda untuk Revitalisasi Danau Toba

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli ditunjuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK), DR. Siti Nurbaya Bakar, melalui Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) agar menjadi motor utama dalam kegiatan Revitalisasi Danau Toba. Manajemen balai menentukan Gedung Griya Sampinur menjadi Kantor Sekretariat Bersama (Sekber) Revitalisasi Danau Toba. Griya Sampinur diresmikan pada 27 September 1998 oleh Dr. Ir. Toga Silitonga, M. Sc., yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Badan Litbang Kehutanan dan Perkebunan. Dulunya, Griya Sampinur dijadikan sebagai icon (BP2LHK) Aek Nauli.

Bakti Rimbawan BP2LHK Aek Nauli yang berjumlah 6 orang (Annyse, Donna, Ferry, Novrianty, Pratiwi, dan Ruth) akan menjadi teamwork yang ditempatkan di sekber di bawah bimbingan Hendra Sanjaya, S. Hut., M. Si. Pada Selasa, 17 Januari 2016, bakti rimbawan bersama dengan Sanjaya berdiskusi tentang kegiatan awal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan sekber. Hal pertama yang akan dilakukan oleh kaum muda ini adalah pembuatan matriks kegiatan untuk triwulan pertama 2017. Kegiatannya mencakup pengumpulan data tentang kajian Danau Toba yang telah dilakukan oleh satker yang ada di sekitar Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba.

“Tahap awalnya, mengumpulkan berbagai data dari website internal atau menggunakan jaringan kerabat yang terdapat pada satker-satker terkait,” kata Sanjaya. Selain itu, Sanjaya juga menambahkan apabila data yang dibutuhkan masih kurang, nantinya dapat diminta pada saat rapat seluruh satker. “Kaum muda harus dapat memberikan ide kreatif dalam kegiatan Revitalisasi Danau Toba,” harap Sanjaya. Sebagai aksi nyatanya, data yang telah terkumpul akan disampaikan ke pihak manajemen sebagai bahan pertimbangan.

Bakti rimbawan berharap sekber ini bisa memberikan informasi kepada masyarakat yang berkunjung ke Danau Toba. “Bersama kita bisa,’’ slogan ini pun menjadi semangat kami untuk memberikan yang terbaik dalam mengemban tugas di teamwork sekber.

Kontributor: Ruth, Donna, Novri

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *