Balitbang LHK Aek Nauli

KHDTK Aek Nauli

Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli merupakan salah satu KHDTK yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 39/Menhut-II/2005, tanggal 7 Pebruari 2005 dengan luasan 1.900 Ha. Secara geografis KHDTK Aek Nauli terletak diantara 2˚ 41’ – 2˚ 44’ LU dan 98˚ 57’ – 98˚ 58’ BT dan secara administratif termasuk pada Desa Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipanganbolon dan Desa Dolok Parmonangan Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun.

Kawasan KHDTK Aek Nauli memiliki aksesibilitas yang mudah dilalui karena terdapat di pinggir jalan propinsi yang menuju Kawasan Danau Toba. Untuk menuju ke kawasan dapat ditempuh dengan rute yaitu dari Medan – Pematangsiantar – Parapat  dengan jalan darat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan lama perjalanan sekitar 4 jam atau dengan jarak lebih kurang 150 km. Dengan telah beroperasinya bandara Silangit yang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara, kawasan ini dapat dicapai dengan waktu kurang lebih 90 Menit melewati Parapat.

Kawasan KHDTK Aek Nauli merupakan daerah pegunungan pada ketinggian sekitar 1.000 – 1.750 meter dari permukaan laut dengan kemiringan antara 3 – 65 % (rata-rata antara 25 – 40 %). Kondisi topografi yang umumnya perbukitan dan pegunungan sehingga membawa kondisi geologis yang labil dan tingkat rawan erosi tanah sangat tinggi. KHDTK Aek Nauli berfungsi sebagai bagian Daerah Tangkapan Air (DTA) memiliki beberapa tipe ekosistem yang menjadi habitat beragam jenis tumbuhan dan satwaliar dilindungi. Beragam ekosistem di KHDTK Aek Nauli dapat dikelompokan diantaranya Hutan Primer, Hutan Sekunder, Hutan Tanaman/Dominansi Pinus, Semak Belukar dan Rerumputan, Dominansi Jenis Tertentu.

Masyarakat di sekitar KHDTK Aek Nauli mayoritas terdiri dari suku Batak Toba dan Jawa. Mata pencaharian penduduk ada yang berladang seperti menanam kopi, ubi kayu, sayur-sayuran dan buah-buahan. Bahasa yang dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah bahasa Toba dan bahasa Indonesia.

Video Singkat Gambaran KHDTK Aek Nauli: