KHDTK Aek Godang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan No. SK.78/ Menhut-II/2005 tanggal 10 Maret 2004 tentang Penunjukan Kawasan Hutan Produksi Tetap Seluas 8,40 (Delapan empat puluh perseratrus) Hektar di Kecamatan Padang Sidempuan Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara sebagai Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus untuk Hutan Penelitian Aek Godang.

KHDTK Aek Godang dengan luasan ± 8,40 Hektar, berada di tepi jalan antar lintas sumatera. Secara administratif pemerintahan, lokasi kegiatan terletak di Desa Aek Nauli, Kecamatan Sidempuan Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. KHDTK Aek Godang pada tahun 1982 ditetapkan sebagai Kawasan Hutan Produksi Tetap dan dalam perkembangannya telah mengalami degradasi.

Bentuk lahan datar sampai bergelombang dengan jenis tanah termasuk Podsolik merah kuning. Dibeberapa tempat pada permukaan tanah dijumpai batu-batu lepas dan batu singkapan.

Kegiatan pengelolaan yang dilakukan pada KHDTK Aek Godang adalah memelihara keamanan dari gangguan perambah dan menjaga aset yang ada. Petugas jaga dilakukan oleh salah seorang staf seksi Sarana penelitian.