Balitbang LHK Aek Nauli

Kemah Pramuka Taman Siswa Pematangsiantar di BP2LHK Aek Nauli

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli pada hari Jumat  (06/10/2017) mendapatkan kunjungan dari Gugus Depan Pramuka 007008 Taman Siswa Pematangsiantar. Ramadan Purba selaku Pembina Gugus Depan Pramuka ini menyatakan tujuan kegiatan ini adalah persiapan perkemahan  menghadapi Kemah Budi Pekerti Taman Siswa Yang Ke-3 se-Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau yang akan dilaksanakan bulan Desember 2017 di BP2LHK Aek Nauli. Kegiatan ini juga merupakan training center untuk persiapan kemah budi pekerti di bulan Desember dan Gugus Depan Pramuka 007008 Taman Siswa Pematangsiantar menjadi tuan rumahnya.

Kemah kali ini diikuti oleh 103 siswa dan didampingi oleh pembina 15 orang. Kegiatan ini berlangsung 3 hari 2 malam dari tanggal 6 Oktober sampai tanggal 8 Oktober 2017. Kegiatan yang dilakukan pada perkemahan ini terdiri dari tracking menuju Panorama KHDTK Aek Nauli, kemudian akan dilakukan kegiatan musyawarah antar siswa pramuka serta pembekalan tentang lebah madu.

Selain karena kalender tahunan Gugus Depan Pramuka telah memilih BP2LHK Aek Nauli menjadi tempat diadakannya perkemahan, Gugus Depan Pramuka 007008 Taman Siswa Pematangsiantar memilih BP2LHK Aek Nauli menjadi tempat diadakannya perkemahan karena ingin memperkenalkan kepada peserta pramuka tentang Pariwisata Danau Toba, dimana pariwisata yang ada disekitar Danau Toba bukan hanya Parapat tetapi terdapat ekowisata BP2LHK Aek Nauli yang dapat dijadikan sebagai wisata keluarga, alam, dan pendidikan.

“Fasilitas selalu bertambah, misalnya persedian Kamar Mandi (MCK) sudah bertambah, walaupun masih bersifat semipermanen tetapi sudah sangat membantu dalam kegiatan perkemahan,” ucap Ramadan Purba. Menutup kegiatan wawancara Ramadan Purba menyampaikan harapannya kepada BP2LHK Aek Nauli agar kelestarian wilayah BP2LHK Aek Nauli tetap terjaga, adanya penambahan tenaga ahli yang memberikan materi/ilmu tentang potensi yang terdapat di BP2LHK Aek Nauli kepada peserta pramuka dengan jumlah yang banyak, serta peningkatan fasilitas perkemahan.

Semoga BP2LHK Aek Nauli semakin Berjaya.

***

Kontributor Artikel dan Foto: Donna C. Pandiangan, S.Hut

Bagikan ini di:

8097total visits,1visits today

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *