Balitbang LHK Aek Nauli

Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana Telah Siap

Memasuki hari kedua kegiatan pembahasan persiapan Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana (JPKS), disimpulkan bahwa jurnal telah siap untuk menerima artikel ilmiah dari berbagai pihak. “Yang penting naskah yang akan dimasukkan ke JPKS adalah publikasi ilmiah hasil penelitian bidang kehutanan, ini meliputi bidang Konservasi dan pengaruh hutan, Silvikultur, Perlindungan hutan, Perencanaan hutan, Teknologi dan bahan baku hasil hutan, Sosiologi kehutanan, Ekonomi kehutanan dan Kebijakan kehutanan” ungkap Dr. Mamat Rahmat, Peneliti Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang selaku Editor pada Jurnal ini.

Dalam kesempatan yang sama, Peneliti BP2LHK Aek Nauli, Dr. Aswandi menyatakan bahwa BP2LHK Aek Nauli siap untuk berkontribusi secara penuh dalam jurnal penelitian hasil kolaborasi tiga balai ini. Butuh dukungan semua pihak terutama peneliti dari ketiga balai untuk berperan aktif agar penerbitan jurnal ini dapat berjalan lancar. Hal ini disebabkan karena akreditasi jurnal baru bisa diajukan ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) setelah jurnal yang diajukan akreditasinya terbit dua tahun secara berturut-turut. “Untuk itu, kami telah menyiapkan 4 naskah publikasi ilmiah sebagai kontribusi awal BP2LHK Aek Nauli agar JPKS dapat segera terbit dan mudah-mudahan dengan tercukupinya kuota naskah untuk menerbitkan jurnal secara rutin, akreditasi LIPI dapat dicapai dalam waktu 2 tahun”, sambung Aswandi.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Seksi Data, Informasi dan Kerjasama (DIK) BP2LHK Aek Nauli, Ismed Syahbani, S,Hut yang turut hadir dalam rapat pembahasan ini menyatakan bahwa BP2LHK Aek Nauli melalui Seksi DIK siap berkontribusi dalam mendukung suksesnya penerbitan Jurnal Penelitian ini, “kami dan segenap sumberdaya yang ada di Seksi DIK siap mendukung agar semua yang terkait jurnal berjalan lancar, baik itu dukungan tenaga, pikiran, waktu dan segala macam hal yang dapat mewujudkan kelancaran proses penerbitan ejurnal ini, akan kami berikan”, ujar Ismed menambahkan.

Keseriusan dan komitmen BP2LHK Aek Nauli, BP2LHK Palembang dan BP2TSTH Kuok dalam penerbitan jurnal ilmiah ini diharapkan mampu menghadirkan sebuah jurnal yang berkualitas sebagai hasil nyata dan sumbangsih dari ketiganya dalam kancah dunia ilmu pengetahuan bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Berminat untuk submit publikasi ilmiah di JPKS? silahkan kunjungi Website Online JPKS

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *