Balitbang LHK Aek Nauli

Gebrakan Aek Nauli dalam Mendukung Revitalisasi Danau Toba

Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dalam kunjungannya ke Sumatera Utara beberapa waktu yang lalu memberikan arahan melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) DR. Siti Nurbaya Bakar agar Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) difungsikan sebagai motor utama dalam kegiatan Revitalisasi Danau Toba. Menindaklanjuti arahan tersebut, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) melalui Sekretariat BLI KemenLHK telah menyiapkan berbagai konsep mengenai peran Badan Litbang, salah satunya adalah dengan mengamanatkan kepada para peneliti di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli  untuk menyiapkan state of the art tentang Danau Toba. Amanat tersebut merupakan tantangan bagi seluruh peneliti lingkup balai sehingga diharapkan nantinya akan muncul gebrakan-gebrakan yang akan menjadikan BP2LHK Aek Nauli menjadi tuan di rumah sendiri demi suksesnya kegiatan Revitalisasi Danau Toba.

Forum peneliti BP2LHK Aek Nauli telah merumuskan apa yang dapat dilakukan untuk Revitalisasi Danau Toba. Langkah awalnya yaitu dengan mengumpulkan berbagai riset (state of the art) yang telah dilakukan. Hasil-hasil kerja sama dengan pihak ketiga, seperti dengan ITTO (International Tropical Timber Organization) dan PT. Toba Pulp Lestari (TPL) juga telah dikumpulkan. Nantinya, kajian ini akan dikompilasi menjadi sebuah buku tentang Danau Toba. Sebagai kontribusi terhadap Revitalisasi Danau Toba, peneliti bisa memberikan saran tentang kesesuaian jenis pohon yang dapat ditanam di sekitar kawasan Daerah tangkapan Air (DTA) Danau Toba dengan mengacu pada penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Kedepannya juga akan dibuat peta wisata di  kawasan Aek Nauli yang sangat diperlukan sebagai panduan hal apa saja yang terdapat di Aek Nauli. Selain itu sosialisasi kepada masyarakat sekitar kawasan juga harus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bentuk keseriusan BP2LHK Aek Nauli sebagai tuan rumah dari Pusat Informasi Revitalisasi Danau Toba adalah dengan dibentuknya tim kerja balai untuk mempersiapkan pembahasan rencana kegiatan Sekretariat Bersama, sembari menunggu diskusi bersama yang akan membahas mengenai kolaborasi antar seluruh Satuan Kerja (Satker) KemenLHK yang berada di Wilayah Provinsi Sumatera Utara serta Satker terkait untuk menyamakan persepsi tentang kegiatan integratif Revitalisasi Danau Toba.

Diharapkan ke depannya, kolaborasi yang integratif ini dapat mengompilasi bahan dan data lengkap tentang Danau Toba. Pada tahap awal kegiatan, akan dikenalkan produk yang menjadi ikon BP2LHK Aek Nauli seperti madu, obat-obatan, kawasan hutan, dan poster. Semoga kedepannya peran aktif BP2LHK Aek Nauli sebagai tuan rumah Sekretariat Bersama dapat menggebrak dunia melalui Pusat Informasi Revitalisasi Danau Toba.

Kontributor: Novrianty Nainggolan dan Alharis Muslim
Foto: Ferry A. Hawari

Bagikan ini di:

2 Comments

  1. M Hadi Saputra

    semangat bagi para peneliti aek nauli semua.
    Bravo Aek Nauli

    Reply
    1. haris

      Trims pak hadi… semoga cepat kembali ke aeknauli untuk memperkuat tim peneliti di aeknauli..

      Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *