Balitbang LHK Aek Nauli

Finalisasi Peluncuran e-Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana

Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana (JPKS) adalah media publikasi ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian  bidang kehutanan yang diterbitkan secara bersama oleh tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di wilayah Sumatera, yaitu: Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang, BP2LHK Aek Nauli dan Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kuok. Jurnal online ini menggunakan aplikasi “Open Journal Systems“, yaitu merupakan sebuah perangkat lunak open source untuk manajemen jurnal dan penerbitan yang dikembangkan, didukung, dan bebas didistribusikan oleh Public Knowledge Project di bawah GNU General Public License.

Pada pertemuan yang diselenggarakan di kantor BP2LHK Palembang (16 s/d 17 Februari 2017), membahas berbagai hal mengenai persiapan peluncuran JPKS seperti fokus dan ruang lingkup publikasi ilmiah yang dapat ditampung pada jurnal ini, desain cover, desain logo, dan hal lainnya yang dianggap perlu dalam finalisasi persiapan peluncuran Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana. Ikut hadir pada acara ini perwakilan dari ketiga Balai yang terlibat dalam penerbitan jurnal ini.

Jurnal online ini direncanakan akan terbit 2 kali setahun dengan jadwal terbit bulan Maret dan September. JPKS sebagai media publikasi ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian bidang kehutanan yang meliputi aspek: konservasi dan pengaruh hutan, silvikultur, perlindungan hutan, perencanaan hutan, teknologi dan bahan baku hasil hutan, sosiologi kehutanan, ekonomi kehutanan, kebijakan kehutanan.

Semoga Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana dapat bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya bagi para akademisi, peneliti, widya iswara, ilmuwan dan berbagai pihak yang membutuhkan informasi terkini terkait penelitian kehutanan. JPKS dapat diakses secara Online pada alamat berikut:

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPKS/index

Rapat Finalisasi Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana di Palembang. Foto by: Alharis Muslim

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *