Balitbang LHK Aek Nauli

Field Trip SMA Chandra Kumala di BP2LHK Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, September 2019)_Dalam rangka mendukung pelajaran di sekolah sambil berekresasi, SMA Chandra Kumala, Deli Serdang melakukan field trip semester ganjil ke Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, Jumat (20/9/2019). Peserta field trip merupakan siswa-siswi kelas XI yang terdiri dari 3 (tiga) kelas berjumlah 40 orang. Selain itu, kegiata field trip tersebut juga didampingi oleh empat orang guru.

Kegiatan diawali dengan belajar teknik pemanenan getah pinus. Materi disampaikan oleh peneliti BP2LHK Aek Nauli, Dr. Ahmad Dany Sunandar, S.Hut, M.Si, dimana dalam hal ini siswa-siswi diajarkan mulai dari pengenalan pohon Pinus merkusii, peralatan panen, cara pemanenan, hingga produk hasil turunan getahnya.

Kemudian setelah selesai makan siang dengan wadah daun pisang di bawah pohon yang berada di Arboretum Aek Nauli, siswa-siswi melakukan kunjungan ke lokasi wisata ilmiah Aek  Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC) untuk mendapatkan edukasi mengenai konservasi gajah jinak oleh para pawang gajah (mahout). Setelah mendapatkan materi, siswa-siswi juga diperlihatkan cara memandikan gajah, bahkan beberapa siswa ada yang ikut masuk ke sungai untuk memandikan gajah tersebut.

Celesten, salah satu siswi SMA Chandra Kumala merasa senang mengikuti kegiatan field trip tersebut. Celesten yang pertama kali berkunjung ke BP2LHK Aek Nauli merasakan suasana yang menyejukkan saat tiba di Arboretum Aek Nauli. Celesten beserta siswa-siswi lain antusias mengikuti kegiatan fieldtrip tersebut, yang ditandai dengan beberapa dari mereka yang semangat mengajukan pertanyaan saat pemberian materi.

Salah satu guru yang mendampingi kegiatan field trip, Richard Simamora, berharap agar siswa-siswi dapat memahami kondisi sebenarnya di alam dan melihat langsung apa yang telah dipelajari disekolah, karena tujuan utama kegiatan field trip ini adalah memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik serta pembelajaran nyata.***NNN

Bagikan ini di:

3840total visits,2visits today

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *