Balitbang LHK Aek Nauli

Download Publikasi: Propolis Kemenyan

propolis kemenyanPropolis merupakan nama generik dari resin sarang lebah madu. Propolis merupakan sumber gizi alami dan nutraceutical yang berasal dari substrat resin yang dikumpulkan lebah dari sari tunas daun dan batang tanaman yang dicampur dengan enzim dan lilin sarang lebah (Galvao 2007; Lofty 2006).

Raw propolis terdiri dari sekitar 50% senyawa resin (flavonoid dan asam fenolat), 30% lilin lebah, 10% minyak aromatik, 5% polen, dan 5% berbagai senyawa organik (Pietta et al., 2002). Propolis digunakan untuk membangun dan melindungi sarang, sehingga banyak terdapat di pintu sarang, seluruh tepian sarang, pembungkus telur, madu dan polen.

Propolis berkhasiat antimikroba, antivirus, dan antikanker sehingga berpotensi sebagai antibiotik alami untuk penyembuhan penyakit infeksi (Halim et al., 2012; Fatoni, 2008; Trusheva et al., 2006; Fearnley, 2001; Bankova et al., 2000).

Lebah Trigona menghasilkan propolis lebih banyak dibanding lebah lainnya. Lebah ini mudah beradaptasi, tidak mudah lari, bertubuh kecil dan tidak menggigit sehingga mudah dipelihara. Jika sumber pakan lebah Apis sebagian besar adalah nektar, pakan lebah Trigona adalah resin yang relatif tersedia sepanjang tahun.

Potensi sumber pakan yang melimpah dari resin kemenyan (Styrax spp.), teknik budidaya yang tidak rumit, harga jual dan permintaan yang tinggi merupakan beberapa kekuatan dan peluang pengembangan budidaya lebah Trigona di Danau Toba. Beberapa praktek agrorofrestry kemenyan, kopi serta kaliandra dan makadamia menyediakan sumber resin dan nektar sekaligus.

***
Jenis Publikasi: Poster
Penyusun: Aam Hasanuddin, Aswandi, dan Cut Rizlani Kholibrina
Download Publikasi


Silahkan Klik Link atau Scan pada qrCode untuk Download

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *