Balitbang LHK Aek Nauli

Download Publikasi: Getah Jernang

getah jernang publikasiGetah jernang (darah naga) merupakan serbuk atau resin yang ter-dapat pada buah rotan jernang (Daemonorops sp.). Terdapat tiga jenis rotan jernang yang sering dipanen dan memiliki produktivitas tinggi di Sumatera Bagian Utara, yakni D. draco (rotan jernang), D. crinitus (rotan jernang padi), dan D. angustifolia (rotan jernang getah). Hasil uji fitokimia menunjukkan kandungan senyawa semi-polar seperti flavonoid, triterpenoid dan tanin. Potensial sebagai antioksidan dan prokoagulasi darah.

Degradasi dan konversi hutan telah mengakibarkan penurunan populasi. Saat ini relatif tersisa di sekitar kawasan Ekosistem Leuser dan pesisir Tapanuli. Di DTA Danau Toba ditemukan di Simalungun, Toba Samosir dan Humbang Hasundutan. Pemanenan tidak lestari dan belum adanya upaya penanaman mengakibatkan petani semakin jauh dan lama ke dalam hutan mengumpulkan buah rotan jernang.

Kebutuhan meningkat hingga 400 ton/tahun sedangkan suplai se-makin terbatas menyebabkan harga buah segar meningkat dari Rp 150-200 ribu pada tahun 2013 menjadi Rp 400 ribu/kg pada tahun 2015. Resin jernang kualitas Super dihargai hingga Rp 8 juta/kg.

Perlu kejelian membedakan buah dan bibit rotan jernang dengan rotan biasa. Kekeliruan mengakibatkan budidaya tidak berhasil dan kerugian petani karena menanam jenis yang salah.

Rendahnya regenerasi alami dapat disiasati dengan perbanyakan vegetatif (rimpang). Ditemuinya individu dan jenis yang memiliki rendemen resin tinggi memberi peluang program pemuliaan bagi pengembangan jenis-jenis superior.

Tumbuh baik bercampur dengan tanaman hutan lainnya memung-kinkan skema hutan rakyat multi strata dengan HHBK ini sebagai salah satu komoditas andalannya. Mulai berbuah sejak 3 tahun dan rumpun terus produktif dalam jangka waktu lama. Panen 2 kali sebulan serta panen raya 2 kali setahun. Rotan jernang yang produktif dapat menghasilkan +/- 6 kg/tahun buah segar. Pengembangan rotan jernang diharapkan digunakan untuk memulihkan ekosistem DTA Danau Toba.

***
Jenis Publikasi: Poster
Penyusun: Aswandi, Cut Rizlani Kholibrina, Nuryana dan Edi Kuwato
Download Publikasi
download publikasi getah jernang
Silahkan Klik Link atau Scan qrCode untuk Download

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *