Balitbang LHK Aek Nauli

Cegah Penyebaran COVID-19, BP2LHK Aek Nauli Terapkan Work From Home

Melihat penyebaran pandemi virus COVID-19 yang semakin hari semakin meluas, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli ikut mendukung himbauan pemerintah dengan cara menerapkan bekerja dari rumah, atau lebih dikenal dengan istilah Work From Home. Dengan diberlakukannya Work From Home ini, diharapkan agar penyebaran virus ini tidak semakin cepat.

Terkait pemantauan pekerjaan dan kesehatan para pegawai, BP2LHK Aek Nauli menggunakan aplikasi video conference “Zoom Cloud Meeting” dalam mengoptimalkan komunikasi intern antara manajemen dan staf. Hal ini dilakukan agar seluruh pekerjaan yang menjadi tupoksi BP2LHK Aek Nauli dapat tetap berjalan dengan semestinya serta kesehatan masing-masing pegawai dapat terpantau dengan baik.

Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si menyatakan bahwa penerapan bekerja dari rumah atau Work From Home ini merupakan arahan dari pimpinan agar penyebaran COVID-19 dapat tertanggulangi dengan baik.

“Ini suatu suasana bekerja yang berbeda dari sebelumnya kita laksanakan. Selama 2 minggu kedepan kita diarahkan oleh pimpinan kita untuk bekerja dari rumah agar penyebaran COVID-19 dapat tertanggulangi. Kita berharap semua semoga Tuhan Yang Maha Esa menyelesaikan permasalahan COVID19 di negara kita” Ujar Pratiara melalui sambungan video converence, Selasa (24/3/2020).

Lebih lanjut Pratiara menyampaikan bahwa walaupun dalam kondisi seperti sekarang, semua diharapkan dapat bekerja maksimal, baik di lapangan maupun di kantor, semua harus memberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan organisasi. Dengan demikian, BP2LHK Aek Nauli diharapkan dapat tetap memberikan kontribusi terhadap pembangunan kehutanan di Sumatera Bagian Utara dan pembangunan kehutanan di Indonesia secara umum.

“Kita tidak mengharapkan bekerja dalam kondisi begini terus karena secara optimal bekerja dari rumah atau Work From Home itu pasti ada kekurangannya. Walaupun demikian, kita harus terus meningkatkan kinerja kita, walaupun dirumah, kita harus tetap bekerja dan saya yakin teman-teman semuanya bisa bekerja dari rumah, tetap produktif walaupun dalam kondisi seperti sekarang” sambung Pratiara.

“Mari kita hentikan berita-berita hoax yang sikapnya membuat cemas, kita berikan harapan bahwa kondisi ini bisa diatasi oleh bangsa kita secara bersama-sama. Kita pasti bisa, mari kita bekerja sungguh-sungguh, selamat bekerja, dan salam indonesia, salam sehat, aek nauli hebat” tutup Pratiara.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Data, Informasi dan Kerjasama (DIK) BP2LHK Aek Nauli, Ismed Syahbani menyampaikan bahwa sebagai garda terdepan penerapan teknologi informasi di BP2LHK Aek Nauli, seluruh personil Seksi DIK akan terus berupaya memfasilitasi pekerjaan berbasis online mulai dari pertemuan online, penyampaian laporan dan sebagainya.

“Dalam penerapan teknologi informasi, kita telah menyiapkan beberapa alternatif komunikasi dan pertemuan online yang dapat dimanfaatkan oleh manajemen dan seluruh pegawai, sehingga walaupun bekerja dari rumah, tidak ada hambatan bagi seluruh personil dalam berkoordinasi dengan atasan dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya” Ujar Ismed menjelaskan.

“Kami berharap agar seluruh pegawai dapat mempelajari cara penerapan teknologi informasi ini, sehingga komunikasi dapat lebih optimal ke depannya” tutupnya. ***Hrs

Lihat Video Conference terkait disini:

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *