Balitbang LHK Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli Siap Terapkan Aplikasi e-Kinerja

Dalam mendukung penerapan aplikasi e-kinerja pada awal tahun 2018 di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli melaksanakan sosialisasi aplikasi e-kinerja di Ruang Pertemuan Gedung Perpustakaan Lantai 2 (3/10/2017). Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh pegawai lingkup BP2LHK Aek Nauli.

Sosialisasi aplikasi e-kinerja disampaikan oleh Elza Havid, S.Hut., M.T., widyaiswara muda Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Pematangsiantar. Sosialisasi aplikasi e-kinerja ini bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada seluruh pegawai BP2LHK Aek Nauli tentang tata cara penginputan aplikasi e-kinerja. Elza menjelaskan bahwa dasar dari e-kinerja yaitu Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), jadi setiap pegawai wajib menyusun SKP sebagai rancangan pelaksanaan kegiatan tugas jabatan sesuai dengan rincian tugas, tanggung jawab, dan wewenangnya sesuai dengan struktur dan tata kerja organisasi.

Setelah penyampaian materi e-kinerja, kegiatan dilanjutkan dengan latihan secara langsung mengisi form e-kinerja. Latihan ini dibagi dalam dua sesi, dimana sesi pertama untuk peneliti dan teknisi dan sesi kedua untuk Seksi Tata Usaha, Seksi Perencanaan dan Evaluasi, Seksi Prasarana Penelitian, serta Seksi Data, Informasi dan Kerjasama.

Pada kesempatan ini, Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si menyatakan bahwa aplikasi e-kinerja merupakan salah satu tools yang dapat digunakan dalam menilai kinerja pegawai, menganalisis kebutuhan jabatan, beban kerja jabatan, dan beban kerja unit/satuan kerja organisasi. “Aplikasi e-kinerja ini memudahkan kita sebagai pegawai/Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menginput kegiatan/pekerjaan dan membuat laporan kerja harian,” ungkap Pratiara. “Disamping itu, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu alat pendukung bagi pimpinan dalam mengambil keputusan terkait kinerja pegawai,” sambung Pratiara menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Data, Informasi dan Kerjasama (DIK) BP2LHK Aek Nauli, Ismed Syahbani, S.Hut mengungkapkan bahwa pelaksanaan e-kinerja ini bukan hanya untuk kontrol pribadi terhadap pekerjaan, melainkan juga menjadi kontrol bagi Balai agar pelaksanaan tugas dapat dilakukan secara tepat waktu dan bertanggung jawab, baik itu tugas tahunan, bulanan sampai dengan tugas harian. “Memang untuk penerapan e-kinerja ini diawal-awal akan terasa sulit, namun saya yakin kalau sudah dijalankan akan menjadi mudah untuk kedepannya,” ujar Ismed.

Diharapkan dengan sosialisasi dan pelatihan pengisian e-kinerja yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut ini, seluruh pegawai BP2LHK Aek Nauli paham mengisi e-kinerja sehingga pegawai lebih produktif dan proaktif.

***

Reporter: Novrianty Nainggolan, S.Hut

Bagikan ini di:

3963total visits,3visits today

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *