Balitbang LHK Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli Bersiap Menuju PUI

pusat unggulan iptek aeknauliPusat Unggulan IPTEK (PUI) adalah suatu organisasi atau lembaga yang melaksanakan kegiatan-kegiatan riset bertaraf internasional pada bidang spesifik secara multi dan interdisiplin dengan standar hasil yang sangat tinggi serta relevan dengan kebutuhan pengguna IPTEK. Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam pengembangan PUI yaitu kemampuan lembaga untuk menyerap teknologi dari luar, kemampuan mengembangkan kegiatan riset, dan kemampuan mendiseminasikan hasil-hasil riset sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat banyak dan akan berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Penguatan kelembagaan IPTEK merupakan langkah penting dalam penguatan sistem inovasi nasional agar lembaga iptek dapat berkinerja tinggi dengan menghasilkan inovasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas adopsi pengguna teknologi (masyarakat, industri, dan pemerintah) dengan menjunjung tinggi kejujuran dan integritas sesuai dengan etika penelitian. Diharapkan dengan tumbuhnya inovasi dan teknologi yang disertai dengan pemanfaatan oleh pengguna, kontribusi IPTEK terhadap pertumbuhan ekonomi dapat meningkat.

Salah satu upaya Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli dalam memperkuat kelembagaan IPTEK adalah melalui persiapan berbagai hal terkait mengenai pengusulan BP2LHK Aek Nauli menjadi PUI.

“Kita akan mengajukan BP2LHK Aek Nauli sebagai PUI, karena dengan hal ini diharapkan akan menjadikan BP2LHK Aek Nauli sebagai lembaga litbang yang unggul dari sisi penguasaan IPTEK” ujar Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si saat membuka rapat persiapan pengajuan BP2LHK Aek Nauli menjadi PUI pada Selasa, 27 Maret 2018 yang lalu. “BP2LHK Aek Nauli sebagai PUI ini sangat mungkin kita capai karena sesuai dengan tugas dan fungsi kita sebagai lembaga Riset” sambung Pratiara menambahkan.

Dalam rapat yang diikuti oleh seluruh peneliti dan pejabat struktural lingkup BP2LHK Aek Nauli ini, berlangsung diskusi yang bertujuan untuk mengangkat tema penelitian apa saja yang akan diusung oleh balai untuk dimajukan sebagai tema utama dalam menyokong BP2LHK Aek Nauli sebagai PUI.

Peneliti Utama BP2LHK Aek Nauli, Wanda Kuswanda, S.Hut, M.Sc menyatakan bahwa dengan mempersiapkan diri sebagai PUI, kedepannya akan membuat balai akan semakin dikenal di dunia luas. “Untuk menjadi PUI banyak syarat yang harus dipenuhi, antara lain dengan mempersiapkan segala administrasi dan proposal PUI itu sendiri” Tegas Wanda. “Oleh karena itu, agar dapat berhasil sebagai PUi, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya sebagai tim, bukan perorangan, karena persiapan menjadi PUI ini tidak bisa diselesaikan oleh 1 atau 2 orang saja” sambung Wanda menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Peneliti Muda BP2LHK Aek Nauli yang lain,  Dr. Aswandi, S.Hut, M.Si menambahkan bahwa dalam pengusulan BP2LHK Aek Nauli sebagai PUI haruslah fokus, unggul dan berbasis produk.

“Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan terkait pengusulan PUI ini. Bekerja sebagai tim, rencana kerja yang jelas, serta fokus yang terukur harus dipenuhi sebagai syarat awal pengusulan PUI ini” ujar Aswandi. “Dalam pengusulan PUI ini tak kalah pentingnya adalah peran keunggulan dan penguatan di bidang sumber daya manusia dan riset yang dilaksanakan. Disamping itu, hasil riset yang berbasis produk juga sangat penting” ujarnya menambahkan.

Dalam rapat yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini, dihasilkanlah sebuah kesepakatan terkait tema riset yang akan diusung menjadi tema utama BP2LHK Aek Nauli sebagai PUI. Sesuai dengan tugas dan fungsi BP2LHK Aek Nauli, serta sumberdaya riset yang telah dimiliki sebelumnya, tema penelitian peningkatan produktivitas kemenyan dan konservasi mamalia dataran tinggi dipilih sebagai tema unggulan yang akan diusulkan sebagai tema utama dalam pengusulan PUI ini. Untuk mempersiapkan segala sesuatu terkait PUI ini, Kepala BP2LHK Aek Nauli menunjuk Aswandi sebagai ketua pelaksana kegiatan. **Hrs

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *