Balitbang LHK Aek Nauli

Borneol dari Pohon Kapur

Pohon Kapur (Dryobalanops aromatica Gaertn) merupakan penghasil kamfer selain Cinnamomum camphora. Kamfer terdapat pada saluran parenkin aksial batang sehingga pemanenan dahulu sering dilakukan dengan cara menebang dan membelah batangnya. Kristal juga bisa muncul pada kulit batang yang terluka.

Selain kristal kamfer, pohon Kapur juga menghasilkan minyak kapur (ombil). Ombil dapat diperoleh dengan menakik pangkal batang atau menebang pohonnya. Minyak juga terdapat pada ranting dan daun sehingga teknik penyulingan (destilasi) dapat dilakukan dengan rendemen 1-2%. Kandungan borneol pada kristal kamfer mencapai 92,7% sedangkan pada minyak kapur mencpai 30,72%.

Borneol potensial sebagai bahan baku obat-obatan organik. Dahulu, minyak kapur telah digunakan dalam pengobatan tradisional penyakit ringan dan minyak gosok di Aceh. Senyawa borneol juga berpotensi menghambat aktivitas mikroba, bakteri dan mengandung antioksidan tinggi. Hasil uji bioaktivitas menunjukkan senyawa borneol mampu memperbaiki sistem saraf dan memiliki efek menenangkan. Penggunaan borneol juga efektif untuk mengobati nyeri otot dan sendi, serta pengobatan pencairan darah beku pada kasus penyumbatan pembuluh jantung dan otak.

Penyusun:
Cut Rizlani Kholibrina
Aswandi

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *