Balitbang LHK Aek Nauli

Berwisata sambil Belajar di BP2LHK Aek Nauli

Oleh: Hendry Elvin Simamora (Teknisi Litkayasa Penyelia)

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Februari 2019)_Sebagai awal keseriusan Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli untuk menjadi salah satu pilihan berwisata bagi masyarakat terutama wisata ilmiah, pada tanggal 18 Oktober 2018 lalu telah diresmikan Galeri Lebah BP2LHK Aek Nauli oleh Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si.

Pada wisata ilmiah ini, pengunjung nantinya diharapkan mendapatkan ide, kreatifitas maupun inovasi terhadap suatu permasalahan berdasarkan analisis ilmiah yang disampaikan para peneliti maupun teknisi yang ada di BP2LHK Aek Nauli. BP2LHK Aek Nauli memberikan beberapa pilihan wisata ilmiah dan akan terus berkembang, dan saat ini pilihan wisata ilmiah yang tersedia adalah wisata ilmiah lebah madu, wisata ilmiah pengenalan pohon dan perbanyakan tanaman kehutanan, wisata ilmiah pemanenan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) getah-getahan, serta kegiatan ekowisata (kemah dan trekking).

a. Wisata Ilmiah Lebah Madu

Wisata ilmiah ini menawarkan informasi kepada pengunjung mengenai pengenalan jenis-jenis lebah yang dapat dibudidayakan, cara pemasangan glodok, cara memindahkan kloni lebah dari glodok ke dalam stup, pengenalan pohon/tanaman yang disukai lebah, pemanenan sampai dengan pengemasan madu. BP2LHK Aek Nauli juga memiliki taman pakan lebah dengan luas ± 2 ha yang terdiri dari beberapa jenis tanaman bunga diantaranya lavender, krokot, bunga matahari dan lain-lain. Pengunjung juga dapat menyaksikan lebah-lebah yang sedang mengambil nektar yang berupa cairan pada bunga maupun pollen yang merupakan serbuk sari atau benang sari yang terdapat pada bunga.

b. Wisata Ilmiah Pengenalan Pohon dan Perbanyakan Tanaman Kehutanan

BP2LHK Aek Nauli memiliki arboretum serta 2 (dua) persemaian yang dapat dimanfaatkan menjadi tujuan wisata ilmiah. Dalam wisata ilmiah ini pengunjung akan mendapatkan pengetahuan tentang jenis-jenis tanaman kehutanan dan bagaimana cara perbanyakannya. Materi akan disampaikan oleh Peneliti dan Teknisi BP2LHK Aek Nauli yang berpengalaman, mulai dari bagaimana cara perbanyakan melalui generatif dan vegetatif.

c. Wisata Ilmiah Pemanenan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Getah-getahan

Berdiri sejak tahun 1986 dan berada pada dataran tinggi 1.200 mdpl, BP2LHK Aek Nauli memiliki pohon-pohon dataran tinggi yang siap untuk disadap, diantaranya kemenyan, agathis, dan pinus. Pada wisata ilmiah ini pengunjung akan disajikan dengan praktek langsung bagaimana cara dan metode-metode apa saja yang dapat dipergunakan dalam memanen pohon HHBK getah-getahan.

d. Ekowisata (Kemah dan Trekking)

BP2LHK Aek Nauli memiliki area camping ground yang merupakan lokasi yang tepat untuk kegiatan berkemah maupun bermalam di hutan sambil menikmati dinginnya BP2LHK Aek Nauli yang terkadang mencapai suhu 13ºC. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati nyamannya alam di bawah tegakan pinus. Jika ingin tantangan lebih, pengunjung dapat berjalan dan mendaki (trekking) menuju puncak panorama di KHDTK BP2LHK Aek Nauli sambil menikmati pemandangan alam.

Selain paket wisata ilmiah diatas, BP2LHK Aek Nauli juga sedang memperkenalkan dan mengembangkan beberapa paket wisata ilmiah lain, diantaranya wisata ilmiah minyak atsiri dan asap cair. Semoga dengan adanya wisata ilmiah di BP2LHK Aek Nauli dapat memberikan kontribusi terhadap kepedulian masyarakat kepada lingkungan dan hutan.

Bagikan ini di:

5774total visits,2visits today

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *