Balitbang LHK Aek Nauli

Arboretum Aek Nauli Menuju Kelas Dunia

Arboretum Aek Nauli merupakan salah satu bentuk konservasi ex-situ yang terdapat di lingkungan kantor Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, dimana pada lokasi ini dijadikan sebagai tempat tumbuh berbagai jenis tanaman diluar habitatnya. Peran Arboretum Aek Nauli sebagai tempat koleksi tanaman dari berbagai penjuru nusantara sangatlah penting, karena selain sebagai koleksi, pohon dan tanaman-tanaman langka yang terdapat di lingkungan arboretum ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar baik bagi masyarakat, mahasiswa maupun komunitas ilmiah.

Menyadari pentingnya peran arboretum ini, Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut. M.Si beserta jajarannya mengadakan rapat kerja dalam rangka membahas dan merencanakan suatu ide dan gagasan agar tercapainya satu tujuan yaitu sebuah arboretum yang berkelas dunia. Dalam rapat tersebut, Pratiara berharap agar seluruh elemen BP2LHK Aek Nauli dapat mendukung penuh tercapainya arboretum Aek Nauli yang berkelas dunia. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut dibentuklah sebuah tim yang dipimpin oleh Asep Sukmana, SP, M.Si yang akan secara langsung berkoordinasi/bekerjasama dengan Kepala Sub Bagian Tata Usaha BP2LHK Aek Nauli (Ir. IGN Oka Suparta). Demi terwujud nya tujuan ini, penataan arboretum sangat diperlukan ujar Asep menambahkan.

Senada dengan hal tersebut, seluruh elemen yang terdapat di BP2LHK Aek Nauli menyambut baik dan mendukung penataan dan pengelolaan arboretum aeknauli agar menjadi lebih baik ke depannya. Semoga Arboretum Aek Nauli dapat tertata dan terkelola dengan baik sehingga dapat menjadi arboretum kelas dunia yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi komunitas ilmiah nasional dan internasional.

Kontributor: Hery Susanto

Bagikan ini di:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *